Mengenal AKP Dian Pietersz, Satu-Satunya Kapolsek Perempuan di Merauke

Mengenal AKP Dian Pietersz, Satu-Satunya Kapolsek Perempuan di Merauke

AKP Dian Novita Pietersz saat diambil sumpah janji

Metro Merauke – Sosoknya menjadi tak asing bagi masyarakat Merauke, Papua. Setelah melanglang buana bertugas di kepolisian sejumlah daerah di Indonesia, polwan kelahiran Merauke 3 November 1985 itu, kini dipercayakan menahkodai Polsek Merauke Kota.

Dan, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Dian Novita Pietersz, menjadi satu-satunya perempuan menjabat sebagai Kapolsek di wilayah Polres Merauke, sejak dilantik, Rabu (15/5).

Sepak terjang ibu dari Gita Meira Samosir dalam bertugas sudah tak diragukan lagi. Mengawali karirnya setelah lulus Akpol Angkatan Tahun 2009 Detasemen Anata Hira, setahun kemudian ia mengaku ditempatkan di Sorong.

“Saya lulusan SD Inpres Polder 1997 melanjutkan SMP dan SMA juga di Merauke. Setelah lulus sekolah saya memutuskan mendaftar sekolah Bintara Polri,” ujarnya, Rabu (22/5).

Sebagai anggota Polri , Dian harus siap ditempatkan dimana saja. Genap sepekan ini, mantan ajudan salah satu menteri pada 2011 dipercayakan bertugas di tanah kelahirannya, Merauke.

Amanah menjadi Kapolsek Merauke Kota baginya memiliki beban dan tanggungjawab yang besar. Meski begitu, dengan semangat pengabdian yang dimilikinya, menjadi kunci suksesnya dalam bertugas.

Dari catatan kepolisian, di wilayahnya bekerja, masalah kamtibmas dominan dilaporkan masyarakat mengenai orang mabuk yang mengganggu ketertiban umum. Untuk mengatasinya, diharapkan adanya hubungan baik dan kerjasama lintas sektor dalam penanganannya.

Kini, sebagai Kapolsek Merauke Kota, AKP Dian juga berbaur dengan semua kalangan masyarakat.

“Kita berdinas harus tetap semangat dan bersyukur. Yang tidak kalah penting, menjalin kebersamaan lintas sektor guna membina hubungan baik dan mendekatkan diri dengan masyarakat,” katanya.

Berbicara mengenai karir, Dian memiliki segudang pengalaman bertugas diberbagai daerah yang telah dilakoninya. Awal berdinas di Sorong sebagai KASPKT dan Kanit PPA, kemudian sebagai ajudan menteri di tahun 2011.

Tahun 2012 dipindahkan di Mojokerto, KBO Reskrim dan KBO Lantas. Setelah itu bertugas sebagai Kanit Regident Kediri.

“2015 sebagai Kasubbag Dalgar Polrestabes Surabaya dan Kanit Lantas Polsek Jambangan Jatim. Kemudian mengikuti pendidikan 2 tahun PTIK, lalu tahun lalu ditempatkan di Polda Papua sebagai Kasie STNK,” tandasnya. (Nuryani)

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/05/22/mengenal-akp-dian-pieterz-satu-satunya-kapolsek-perempuan-di-merauke/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz