Di Kampung Waninggap Nanggo, 100 KK Belum Miliki Rumah

Di Kampung Waninggap Nanggo, 100 KK Belum Miliki Rumah

Kepala Kampung Waninggap Nanggo, Dorotheus Gebze | LKF

Metro Merauke – Kurang lebih 100 kepala keluarga (KK) di Kampung Waninggap Nanggo, Distrik Semangga, Kabupaten Merauke belum memiliki rumah. Sehingga harus menumpang di rumah keluarganya.

Hal itu disampaikan Kepala Kampung Waninggap Nanggo, Dorotheus Gebze kepada Metro Merauke Senin (20/5). “Oleh karena banyak belum memiliki rumah, maka mereka harus menumpang tidur di keluarganya. Jadi satu rumah bisa dihuni antara 2-3 kepala keluarga. Ini fakta dan tak mengada-ada,” ungkapnya.

Dikatakan, jumlah penduduk di Kampung Waninggap Nanggo adalah 374 kepala keluarga. Oleh karena banyak belum miliki rumah, salah satu program yang dijalankan adalah membangun perumahan secara bertahap tiap tahun dari dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat.

“Kalau hanya menunggu dari dinas terkait, kapan akan direalisasikan. Sementara masyarakat sangat membutuhkan rumah laik huni,” ungkapnya.

“Saya baru menjabat beberapa bulan terakhir sebagai kepala kampung dan salah satu program yang harus dilaksanakan adalah pembangunan perumahan. Dimana setiap tahun dibangun tujuh unit,” katanya.

Jadi, lanjut dia, selama lima tahun memimpin, pembangunan perumahan menjadi skala prioritas. Karena masyarakat di Kampung Waninggap Nanggo adalah orang asli Papua yang harus diberikan perhatian khusus.

Tahun ini, menurutnya, ada tujuh unit rumah dibangun. “Kita sedang menyusun APBK maupun RPJMK untuk pencairan dana desa tahap pertama dari total senilai kurang lebih 2 miliar,” ujarnya.

Ditambahkan, selain pembangunan perumahan, juga beberapa kegiatan lain yang lebih mengarah kepada pemberdayaan ekonomi kerakyatan. (LKF)