Tukidjo: Pililah Caleg Sesuai Rekam Jejaknya

Tukidjo: Pililah Caleg Sesuai Rekam Jejaknya

Anggota Bawaslu Merauke, B. Tujidjo berikan keterangan pers | LKF

Metro Merauke – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Merauke, B. Tukidjo meminta kepada masyarakat yang mempunyai hak pilih agar mencoblos calon legislatif maupun  capres-cawapres yang telah diketahui rekam jejaknya secara baik.

Permintaan itu disampaikan Tukidjo kepada Metro Merauke Senin (15/4). “Untuk politik uang, sejauh ini belum ada pengaduan masyarakat. Namun demikian, Kami akan melakukan patrol dalam dua hari terakhir menjelang pencoblosan,” ungkapnya.

Dikatakan, saat ini masyarakat juga sudah cerdas dan bisa membedakan. “Siapa yang menjamin ketika masyarakat diberikan uang, akan mencoblos caleg bersangkutan. Karena yang tahu di dalam bilik TPS, hanya bersangkutan dan Tuhan. Orang lain tak mengetahui, lantaran kita menganut asas bebas, langsung, umum dan rahasia,” ujarnya.

“Pilihlah sesuai hati nurani serta rekam jejaknya. Jangan sampai memilih yang tak diketahui,” pintanya.

Dijelaskan, saat berlangsung bimbingan teknis (Bimtek) beberapa waktu lalu, pengawas TPS telah diingatkan bahwa tugas dan tanggungjawab dilaksanakan mulai dari masa tenang, termasuk pendistribusan C-6. “Saya kira ini menjadi focus utama untuk diperhatikan,” katanya.

C-6, lanjut Tukidjo, dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merauke  mengambil terobosan tak disertakan dalam logistik. Tetapi diserahkan kepada masing-masing PPD di distrik.

“Kami terus memantau sejauhmana pendistribusian C-6, karena jangan sampai disalahgunakan. Masyarakat juga diminta melakukan pengawasan dan memberikan informasi ketika menemukan adanya kejanggalan yang terjadi saat di lapangan,” pintanya.

Jika masyarakat belum menerima C-6, bisa datang  ke RT melakukan pengecekan lebih lanjut. Kalaupun namanya tak masuk dalam DPT, menggunakan e-KTP untuk mencoblos di  tempat pemungutan suara (TPS).

“Tidak boleh pasif dan hanya menunggu C-6. Harus ada inisiatif melakukan pengecekan sekaligus memastikan akan datang pada tanggal 17 April 2019 mencoblos pilihan politiknya,” pinta dia. (LKF)

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/04/15/tukidjo-pililah-caleg-sesuai-rekam-jejaknya/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz