Masalah Penggalian Pasir, Junaidy: Saya Akan Tindak Tegas Pelaku

Masalah Penggalian Pasir, Junaidy: Saya Akan Tindak Tegas Pelaku

Kepala Kampung Buti,Kabupaten Merauke, Junaidy Sarendo Gebze | LKF

Metro Merauke – Kepala Kampung Buti, Kabupaten Merauke, Junaidy Sarendo Gebze menegaskan, pihaknya akan mengultimatum sekaligus menindak tegas siapapun termasuk pemilik ulayat jika melakukan penggalian pasir.

Penegasan itu disampaikan Gebze kepada Metro Merauke Kamis (11/4). “Akan ada larangan dan juga sanksi diberikan kepada siapapun  ketika melakukan penggalian pasir di tempat yang dilarang. Karena itu akan menimbulkan berbagai dampak seperti kerusakan lingkungan maupun ancaman gelombang pasang,” ungkapnya.

Dikatakan, dalam waktu tidak terlalu lama, dibuat peraturan kampung yang mengikat. Tujuannya agar masyarakat tak seenaknya melakukan penggalian pasir.

Namun demikian, jelas dia, sebelum peraturan itu dikeluarkan, perlu dilakukan pertemuan bersama seluruh masyarakat terlebih dahulu. Sehingga mereka juga mengetahui sebelum aturan diterbitkan.

“Kami telah menyiapkan sejumlah program  pemberdayaan kepada masyarakat Marind-Buti untuk dijalankan. Sekaligus memotivasi mereka untuk bekerja agar ada sumber pendapatan diperoleh secara rutin,” katanya.

Ditambahkan, ketika penggalian pasir dihentikan, harus ada program nyata diberikan, agar masyarakat bisa menekuni  secara rutin. (LKF)

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/04/11/masalah-penggalian-pasir-junaidy-saya-akan-tindak-tegas-pelaku/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz