Anggota DPR Papua Sarankan Ada Bus Angkutan Kota

Anggota DPR Papua Sarankan Ada Bus Angkutan Kota

Anggota DPR Papua, John NR Gobai  

Metro Merauke – Anggota DPR Papua, John NR Gobai menyarankan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Papua memprogramkan sarana trabnsportasi bus angkutan umum dalam kota dengan tarif terjangkau.

Jika program itu dapat direalisasikan, kehadiran bus angkutan umum dinilai dapat meringankan biaya transportasi masyarakat, dan mengurangi volume kemacetan di Kota Jayapura, ibu kota Provinsi Papua.

“Saya berharap Dinas Perhubungan provinsi dapat menginisiasi itu. Ini juga merupakan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Gobai, Jumat (05/04).

Jika Dinas Perhubungan tidak dapat mengelola langsung bus itu, dapat diserahkan ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengab membentuk sub usaha. Pilihan lainnya, bekerjasama dengan Perusahaan Umum Dawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (Perum Damri) yang ada di Papua.

“Bus-bus bantuan untuk provinsi, sebaiknya diberikan ke Damri sebagai penyertaan modal. Damri yang kelola dan Pemprov Papua tinggal dapat uang,” ucapnya.

Kehadiran bus angkutan umum dalam kota dengan tarif terjangkau menurutnya, tidak hanya meringankan masyarakat pengguna transportasi, juga para pelajar, mahasiswa hingga Aparatur Sipil Negara (ASN), karena tidak semua ASN memiliki kendaraan roda dua dan empat. Bus pegawai yang ada, juga tidak mungkin dapat melayani semua ASN.

“Mestinya Dinas Perhubungan memiliki ide kreatif, menciptakan terobosan. Jangan hanya ide untuk menghabiskan APBD,” ujarnya.

Kepala Deputi Usaha Damri Jayapura, Robi Mansoben dalam diskusi dengan anggota DPR Papua, mahasiswa dan para aktivis beberapa bulan lalu mengatakan, pihaknya akan berupaya mendorong agar kembali ada Bus Damri untuk melayani pelajar dan mahasiswa, seperti beberapa era 2003-20011.

“Pada 2003-2011 lalu, ada Bus Damri melayani pelajar dan mahasiswa di wilayah Kota Jayapura. Namun setelah itu dana subsidinya dihentikan karena ada masalah hukum,” kata Masoben kala itu. (Arjuna/Redaksi) 

 

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/04/06/anggota-dpr-papua-sarankan-ada-bus-angkutan-kota/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz