Penanganan Banjir, DLH Angkut Sampah Tertimbun di Drainase

Penanganan Banjir, DLH Angkut Sampah Tertimbun di Drainase

Tumpukan sampah di sejumlah drainase dibersihkan dan diangkut petugas Dinas Lingkungan Hidup

Metro Merauke – Kota Merauke, Papua dikepung banjir. Hujan deras sejak Sabtu malam membuat sejumlah titik di dalam kota tergenang.

Berbagai jenis sampah tampak ikut mewarnai luapan banjir yang mengalir hingga terdampar di dranase.

Melihat kondisi demikian, dipimpin langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Harmini, dibantu warga bergerak cepat dalam mengatasi datangnya banjir, dengan memgeluarkan dan mengangkut sampah yang tertumpuk di sejumlah drainase.

Semisal di draenase Jalan Nowari, Jalan Ahmad Yani, di Jalan Parako, Jalan Prajurit, dan sekitar pasar buah.

“Selain karena faktor cuaca, masalah sampah juga bisa menjadi salah satu penyebab banjir, sehingga dibutuhkan kesadaran bersama dalam membuang samoah,” ujarnya kepada Metro Merauke, Minggu (17/3).

“Sebenarnya untuk penanganan pembersihan sampah di draenase menjadi tupoksi Dinas Perumahan Rakyat. Namun kita tidak bisa menunggu dan harus bergerak cepat melakukan penanganan.”

Dengan mengerahkan 10 orang tim kebersihan Dinas Lingkungan Hidup akhirnya berhasil membersihkan parit dan mengakut 2 kontainer sampah yang didominasi sampah botol bekas, plastik dan sisa kulit buah durian serta rambutan.

Menurutnya, peran masyarakat perlu ditingkatkan dalam upaya pencegahan banjir, dengan tidak sembarangan membuang sampah. (Nuryani)