Usulan PAW Anggota DPRD Merauke Sedang Diproses

Usulan PAW Anggota DPRD Merauke Sedang Diproses

Komisioner KPU Divisi Teknis, Michael Sarawan

Metro Merauke – KPU Merauke, Papua telah menanggapi surat dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat berkaitan Pergantian Antar Waktu (PAW) satu anggota dewan dari Partai Gerindra.

Surat balasan dari KPU lebih pada memberikan keterangan atau data hasil Pemilu Legislatif 2014, khususnya terhadap nama pengganti anggota dewan, Vincent Mekiuw.

“Usulan PAW dari Partai Gerindra sudah sesuai. Bahwa sesuai data Pileg 2014, adalah Vincent Mekiuw yang memiliki suara terbanyak kedua dan berhak menggantikan Alm Kanisia Mekiuw. Dan surat balasan sudah dibawa kembali ke DPRD untuk ditindaklanjuti sesuai mekanisme,” jelas Komisioner KPU Divisi Teknis, Michael Sarawan kepada Metro Merauke, Kamis (14/3).

Sementara itu ketika disinggung mengenai usulan pergantian Ketua DPRD dari DPC Gerindra, ia mengatakan KPU tidak memiliki kewenangan terkait pergantian dimaksud.

“Surat PAW untuk Vincent Mekiuw sudah kami terima dari Sekwan, juga sudah kami balas. Sedangkan berkaitan pergantian Ketua DPRD itu tidak ada dan menjadi kewenangan internal partai,” terangnya

Tentu, katanya, dalam pergantian anggota dewan memiliki mekanisme. Seperti yang tertuang dalam PKPU Nomor 6 tahun 2017 Pasal 4, tetang Pergantian Antar Waktu (PAW).

Sementara itu ditempat terpisah Sekwan DPRD Merauke, Kristian Isir saat dikonfirmasi melalui telepon membenarkan, bahwa usulan PAW anggota legislatif dari Partai Gerindra sisa masa bhakti 2014-2019 sedang diproses.

Setelah ada jawaban dari KPU, katanya, ketentuan selanjutnya dewan akan menyurat ke Gubernur melalui Bupati Merauke.

Menurutnya, sejauh ini hanya usulan PAW yang telah disampaikan ke DPRD sehingga langsung ditindaklanjuti. “Kalau disebut mengenai usulan pergantian ketua dewan, tidak ada,” tukasnya. (Nuryani)

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/03/14/usulan-paw-anggota-dprd-merauke-sedang-diproses/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz