DLH Ingatkan Perusahaan Sawit Patuhi Amdal, Harmini: Jangan Buang Limbah ke Sungai

DLH Ingatkan Perusahaan Sawit Patuhi Amdal, Harmini: Jangan Buang Limbah ke Sungai

Suasana pelaksanaan FGD rencana kawasan strategis Kabupaten Merauke oleh WWF, Kamis (14/3)

Metro Merauke – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Merauke, Papua, Hj Harmini meminta perusahaan perkebunan sawit yang beroperasi di wilayah Merauke untuk mematuhi analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal).

Harmini menyebut, hal ini menjadi perhatian penting bagi masyarakat dan berharap pemerintah daerah yang tengah melakukan Musrenbang dapat menyeriusi permasalahan tersebut.

Masyarakat mengaku risau, bila ada perusahaan yang tak konsisten dalam penanganan limbah, justru mendatangkan dampak buruk bagi manusia juga ekosistem lingkungan hidup.

“Sehingga perusahaan sawit terus diwanti-wanti agar aturan amdal dipatuhi dengan benar,” ujar Harmini dalam sambutannya pada kegiatan FGD rencana kawasan strategis Kabupaten Merauke oleh WWF, Kamis (14/3).

Menurutnya, penanganan limbah harus menjadi perhatian dan dipikirkan dengan baik setiap perusahaan.

Dimana, dalam pembangunan pabrik, pembuangan limbah diharapkan jangan sampai dibuang ke sungai.

Menanggapi hal tersebut, Humas dari Acp Gama Plantation group, Edy M memastikan perusahaannya dalam beroperasi tidak sampai menyalahi aturan, termasuk soal penerapan amdal.

Dikatakan Edy, sudah menjadi komitmen untuk tidak membuang limbah ke sungai. Pihaknya saat ini tengah membangun pabrik limbah di Muting yang dipastikan aman, sesuai standart dari pemerintah dan adat.

“Sebelumnya memang ada kekhawatiran masyarakat. Tapi kami sudah sosialisasi dibangun pabrik, sudah menjadi komitmen kami, tidak ada limbah yang dibuang ke sungai,” jelasnya.

Yakni, lanjutnya, dibuatkan kolam-kolam untuk menampung limbah kemudian diaplilasikan menjadi pupuk dan dimanfaatkan kembali. (Nuryani)

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/03/14/dlh-ingatkan-perusahaan-sawit-patuhi-amdal-harmini-jangan-buang-limbah-ke-sungai/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz