Di Kaliki Kini Hasilkan Beras Sendiri, Bupati: Ini Wujud Kerja Keras

Di Kaliki Kini Hasilkan Beras Sendiri, Bupati: Ini Wujud Kerja Keras

Bupati Merauke, Frederikus Gebze melakukan panen padi perdana di Kampung Kaliki, Distrik Kurik

Metro Merauke – Bupati Merauke, Papua Frederikus Gebze mengatakan, memang tidak mudah untuk bertani menanam padi, terlebih bagi masyarakat lokal. Karena menanam padi bukan menjadi budaya orang Marind.

Tapi dengan pendampingan serta semangat kerja keras, keuletan dan ketekunan akhirnya masyarakat di Kampung Kaliki bisa menikmati hasilnya.

Penegasan itu dikatakan bupati pada saat melakukan panen perdana padi di Kaliki, Rabu (13/3)

Menurut bupati, panen padi seluas 50 hektar tersebut, sebagai wujud kemajuan masyarakat lokal dalam pertanian yang dapat dijadikan contoh dan membangkitkan semangat bagi warga lainnya di Merauke.

“Menanam padi bukanlah budaya kita dan sekian tahun Kampung Kaliki bergantung hidupnya dengan raskin dan rastra. Dan sekarang sudah terbukti, ini wujud kerja keras sehingga bisa menikmati hasil,” katanya.

Nampak jelas tergambar rasa haru sekaligus bangga dari paras Bupati Merauke. Pasalnya setelah sekian tahun lamanya, warga di Kaliki hanya bergantung dengan adanya pembagian rastra dari pemerintah.

Kini, dengan kemampuan mengolah lahan persawahan, dapat dipastikan kondisi masyarakat di Kampung Kaliki ke depan akan jauh berubah.

Terlebih lagi, dalam upaya pengembangan sektor pertanian, para petani mendapatkan dukungan dari Bank Papua lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kepala Distrik Kurik, Maria Viola Boyen mengakui, dapat memiliki beras sendiri merupakan asa dan harapan bagi warganya sejak lama.

Dengan giat dan semangat, petani lokal mulai terlatih menggarap sawah. Dirinya berharap, panen padi perdana yang ditandai dengan dipanen langsung oleh bupati juga unsur muspida, nantinya dapat berkelanjutan dan membawa kesejahteraan. (Nuryani)

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/03/13/di-kaliki-kini-hasilkan-beras-sendiri-bupati-ini-wujud-kerja-keras/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz