Pemekaran Kembali Dibahas Ditingkat Pusat, Martinus Torib Desak DOB di Selatan Papua Dipercepat

Pemekaran Kembali Dibahas Ditingkat Pusat, Martinus Torib Desak DOB di Selatan Papua Dipercepat

Ketua Tim Pemekaran Muyu Mandobo, Martinus Torib saat diwawancarai wartawan, Senin (11/3)

Metro Merauke – Perjuangan untuk mewujudkan aspirasi masyarakat adanya daerah otonomi baru (DOB) di selatan Papua terus dilakukan.

Ketua Tim Pemekaran Muyu Mandobo, Martinus Torib berharap, tarik ulur persoalan pemekaran dapat diakhiri dengan adanya kepastian dari pemerintah pusat merealisasikan DOB yang telah diperjuangkan selama ini.

“Masalah pemekaran jangan hanya digunakan jadi kampaye politik. Dari Presiden, Gubernur sampai Bupati tapi sampai sekarang DOB di selatan Papua tidak pernah terjadi,” ujarnya kepada wartawan, Senin (11/3).

Dengan terpenuhinya persyaratan pemekaran, lanjut Torib, dirasa tak ada lagi alasan yang dapat mengganjal terbentuknya DOB di selatan Papua.

Selaras dengan upaya mempercepat DOB, tim pemakaran diundang Forum Koordinasi Nasional Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru Seluruh Indonesia, untuk ikut dalam pertemuan konsultasi kebangsaan di Gedung Nusantara IV DPR RI, Senin (11/3).

“Dimana dalam pertemuan besar itu untuk meminta Presiden RI menerbitkan PP tentang Desain Besar Penataan Daerah (Desartada) dan Penataan Daerah (Petada) sesuai amanat UU No 23 tahun 2014,” terangnya.

Dalam hal ini Ketua Tim Pemekaran mengharapkan 4 bupati dan 4 DPRD di selatan Papua dapat meresponi hal tersebut dengan baik.

“Para bupati dan DPRD di selatan Papua harusnya tidak jalan sendiri-sendiri, perlu  bekerjasama dengan baik untuk memperjuangkan pemekaran sebagai aspirasi masyarakat.”

Ia menegaskan, usulan pemekaran di selatan Papua sebenarnya sudah masuk dalam 65 DOB dan perlu menjadi perhatian penting pemerintah untuk direalisasikan.

“Pemekaran perlu dilakukan, tidak lain untuk memudahkan sekaligus pemerataan pelayanan pemerintah bagi masyarakat,” tandasnya. (Nuryani)

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/03/11/pemekaran-kembali-dibahas-ditingkat-pusat-martinus-torib-desak-dob-di-selatan-papua-dipercepat/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz