Legislator Soroti Layanan Kesehatan di Tabonji, Begini Jawaban Kadinkes 

Legislator Soroti Layanan Kesehatan di Tabonji, Begini Jawaban Kadinkes 

Kepala Dinas Kesehatan dr Adolf JY Bolang

Metro Merauke – Dinas Kesehatan Merauke, Papua telah memberikan ijin bagi tenaga kesehatan (Nakes) untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan dr Adolf JY Bolang, program Kementerian Kesehatan telah mewajibkan Nakes meningkatkan kualifikasi dan kompetensi Diploma III (DIII).

Jika tidak, maka tenaga kesehatan baik perawat, bidan dan tenaga analis akan diberhentikan prakteknya baik yang mandiri maupun di rumah sakit.

Selaras dengan hal tersebut, katanya, sehingga ada sejumlah Nakes saat ini yang tidak berada di tempat tugas. Melainkan secara bertahap mengikuti Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

“Salah satunya di Puskesmas Tabonji. Ada tenaga kesehatannya yang lagi ijin belajar sehingga tidak berada di tempat tugas,” terang Bolang, Rabu (27/2).

Penegasan itu sekaligus menjawab adanya temuan legislator DPR RI, H Sulaeman L Hamzah yang dalam resesnya ke Distrik Tabonji belaum lama ini menyoroti berbagai persoalan, termasuk sektor kesehatan di sana.

“Memang benar ada beberapa tenaga kesehatan yang tidak di tempat. Namun, alasan mereka jelas dan dijinkan pimpinan.”

Menurutnya, pelayanan kesehatan di Tabonji tetap berjalan. Terlebih saat ini di Puskesmas Tabonji terbantu dengan adanya 5 tenaga Nusantara Sehat, program dari Kementerian Kesehatan. (Nuryani)

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/02/27/legislator-soroti-layanan-kesehatan-di-tabonji-begini-jawaban-kadinkes/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz