Di Boven Digoel, Pengguna Sekaligus Pengedar Ganja Berhasil Diringkus

Di Boven Digoel, Pengguna Sekaligus Pengedar Ganja Berhasil Diringkus

Polres Boven Digoel melakukan jumpa Pers | Humas Polres Boven Digoel

Metro Merauke – Vinsensius Kunan (29) warga Kabupaten Boven Digoel, Papua harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di depan hukum.

Pria yang tercatat sebagai karyawan Camp 19 PT. Tunas Sawaerma Asiki diamankan petugas karena diketahui memiliki narkoba jenis ganja sebanyak 51 paket seberat 60,7 gram.

Penangkapan Vinsensius pada Jumat (22/2) sekira pukul 08:00 WIT oleh anggota Bhabinsa, Eri Nurhaeni yang tengah berdialog dengan warga KM 56 Distrik Sesnuk.

Saat itu, petugas melihat pelaku memiliki gelagat mencurigakan sehingga dilakukan pemeriksaan badan dilanjutkan penggeledahan di dalam kamar.

Alhasil, petugas menemukan narkotika jenis ganja yang disimpan di dalam tas noken coklat. Selanjutnya, Anggota Bhabinsa melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Jair untuk ditindak lanjuti.

Wakapolres Boven Digoel, Kompol Aris Mangape membenarkan adanya penangkapan seorang warga Boven Digoel yang memiliki puluhan paket ganja siap edar. Pelaku juga diketahui sebagai pengguna ganja.

Kepada petugas Vinsensius mengaku menjual ganja di wilayah Tanah Merah seharga Rp 50.000 per paket.

“Hasil Lab Balai POM Jayapura, barang bukti tersebut positif Narkotika jenis ganja golongan 1. Totalnya 51 paket seberat 60,7 gram. Tersangka juga positif mengkonsumsi ganja,” terangnya, Senin (25/2).

Pelaku dikenakan Tindak Pidana
UU Narkotika pasal 114 ayat (1), Pasal 111 Ayat (1), Pasal 127 ayat 1 huruf a, UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dikatakannya, wilayah Boven Digoel yang berbatasan dengan negara PNG rawan tindak kejahatan, khususnya transaksi ganja. Sehingga dibutuhkan pengawasan ketat pada pintu-pintu masuk antar dua negara.

Pihaknya mengapresiasi TNI, khususnya Bhabinsa yang telah membantu pihak Kepolisian dalam pengungkapan kasus peredaran narkotika diperbatasan RI-PNG. (Nuryani)

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/02/25/di-boven-digoel-pengguna-sekaligus-pengedar-ganja-berhasil-diringkus/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz