Pemuda Marind Tolak Calon Bupati Diluar OAP

Pemuda Marind Tolak Calon Bupati Diluar OAP

Suasana jumpa pers yang dilakukan Pemuda Marind, Jumat (15/2)

Metro Merauke – Kendati pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah baru dimulai tahun 2020, namun suhu politik di Merauke sudah mulai terasa.

Bahkan sejumlah nama mulai santer terdengar di tengah masyarakat yang bakal maju bertarung menuju Merauke 01 pada 2020 mendatang.

Jauh sebelum itu, Bupati Merauke, Frederikus Gebze disela-sela sambutan pelantikan ratusan pejabat Eselon II, III dan IV beberapa waktu lalu, telah menyampaikan, untuk calon bupati mendatang mutlak orang Papua.

“Wakil Bupati sudah kita berikan, Sekda, Pimpinan SKPD dan lainnya adalah konfigurasi Bhineka Tunggal Ika. Lalu apakah hak kesulungan bupati pun harus kita relakan? Kami mohon kepada siapa saja yang berkeinginan maju, bahwa hak kesulungan mutlak hak orang di tanah ini,” ucap bupati saat itu.

Pernyataan Bupati Freddy mendapat dukungan penuh dari Pemuda Marind.

Menurutnya Ketua Pemuda Marind, Fransiskus Ciwe, hal tersebut sangat beralasan. Tidak lain, agar orang Papua, baik laki-laki maupun perempuan dapat memimpin daerah.

Ia menegaskan, pihaknya menolak bila ada calon bupati di luar orang Papua.

“Ada regulasi maupun belum ada regulasi, saudara-saudara dari luar yang mau maju tidak harus memaksakan untuk calon bupati. Karena ruang ini khusus untuk orang asli. Kami dengan tegas menolak bila ada calon bupati dari luar, kalau jadi wakil bupati silahkan,” ujar kepada sejumlah wartawan, Jumat (15/2).

Pemuda Marind juga mengapresiasi keputusan bupati dalam melantik 834 pejabat Eselon II, III dan IV di lingkup Pemda Merauke.

Dimana, lanjutnya, komposisi penempatan posisi jabatan telah dinilai tepat, bernuansa kebhinekaan.

Pihaknya berharap, ratusan pejabat yang telah diberi amanah untuk dapat bekerja optimal mendukung tugas bupati, utamanya dalam pelayanan masyarakat di 20 distrik. (Nuryani)

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/02/15/pemuda-marind-tolak-calon-bupati-diluar-oap/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz