Nasional

Tim Pemenangan Prabowo-Sandi Papua Ingin Otsus Ada Dalam Debat Capres-Cawapres

Metro Mereuke – Tim Pemenangan Pasangan Presiden dan Calon Presiden (Capres-Cawapres) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi) di Papua mendukung Otonomi Khusus (Otsus) masuk dalam materi debat Capres-Cawapres mendatang.

Salah satu Wakil Ketua DPD Gerindra Papua, Yance Mambrasar mengatakan, Otsus penting karena itu merupakan pengejawentahan (pelaksanaan, perwujudan) kewenangan oleh negara.

“Otsus ada di Papua, di Aceh demikian, DKI Jaya (Jakarta), termasuk Daerah Istimewa Jogjakarta. Karena itu materi menyangkut daerah istimewa atau Otsus yang diberlakukan khusus untuk Papua dan Papua Barat saya kira sangat relevan, penting dan menarik dibawa dalam debat kali ini,” kata Yance Mambrasar kepada Metro Merauke, Senin (28/01).

Menurutnya, Otsus Papua dan Papua Barat dengan segala tantangan serta peluangnya yang sebentar lagi anggarannya dibatasi itu, perlu mendapat poin khusus.

Apalagi lanjutnya, problem Papua dan Papua Barat, penyelesaian yang tuntas dan menyeluruh adalah lewat kebijakan Otsus.

“Problem Papua itu lokal tapi resonansinya (gaungnya) global, maka saya kira pantasnya Otsus Papua dan Papua Barat perlu distresing dalam debat berikutnya,” ujarnya.

Kata Yance Mambrasar, ini isu nasional yang patut mendapat perhatian serius oleh kedua pasangan Capres-Cawapres, karena rakyat Papua juga ingin mendapatkan keberpihakan yang proporsional terkait kebijakan dan kajian para calon.

“Sehingga menurut kami pantasnya agenda Otsus Papua dan Papua Barat, relevan diangkat dalam debat kali ini,” ucapnya. (Arjuna P/Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *