Ini 5 Pulau Top Dunia, Indonesia Masuk 3 Besar

Ilustrasi pulau terisolasi | Pixabay

Metro Merauke – Asia dikenal menyimpan sejuta pesona yang tersembunyi dari mata dunia. Banyak pulau-pulau menawan di benua ini yang menyuguhkan pemandangan alam nan menakjubkan, seperti kekayaan budaya, kehidupan laut yang masih baik, hingga pantai pasir putih tak berujung.

Setiap tahun, situs Travel + Leisure selalu melakukan survei kepada para pembacanya untuk World’s Best Awards. Para pembaca diminta untuk memberikan review dari pengalaman perjalanan yang pernah mereka lakukan di seluruh dunia.

Mereka juga disarankan untuk membagikan pendapat mereka tentang kota-kota besar, pulau-pulau, kapal pesiar, tempat spa, maskapai penerbangan, dan masih banyak lagi.

Para pembaca diharuskan untuk menilai pulau berdasarkan aktivitas dan pemandangannya, wisata alam dan pantainya, makanan, keramahan penduduk setempat, dan nilai keseluruhan.

Lalu, pulau mana saja yang masuk dalam 5 besar pulau paling top di dunia? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari Travel + Leisure, Rabu (8/1).

Jawa
Pada tahun 2018, Pulau Jawa dinobatkan sebagai pulau paling terbaik di dunia secara keseluruhan. Pulau terpadat penduduknya di Indonesia ini memberikan pengalaman tersendiri bagi para pelancong asing, mulai dari mengunjungi ibu kota Jakarta hingga berkeliling Candi Borobudur yang berasal dari Abad ke-9.

Candi Borobudur merupakan candi peninggalan agama Buddha dan merupakan salah satu dari empat situs warisan dunia UNESCO di Pulau Jawa –yang lain adalah Taman Nasional Ujung Kulon, rumah bagi badak cula satu yang nyaris punah dan hutan hujan dataran rendah.

Seperti yang ditulis oleh seorang pembaca Travel + Leisure, “Turis yang mengunjungi pulau ini akan menikmati setiap momen perjalanannya.”

Bali
Budaya Bali yang kaya dan beragam ada di semua aspek kehidupan, mulai dari persembahan sesaji yang ditempatkan di mana-mana, hingga perayaan hari raya umat Hindu yang dilakukan oleh penduduk setempat. Hampir semuanya memiliki makna spiritual.

Sementara itu, bagian tengah Pulau Bali didominasi oleh gunung berapi dan kuil-kuil yang terletak di lereng bukit, seperti Pura Luhur Batukau (salah satu dari sekitar 10.000 candi di Pulau Dewata), dan puncak tertinggi, Gunung Agung, adalah pusat ritual pulau itu.

Di Bali, Anda dapat menyambangi Kuta dan Legian bila ingin menemukan “kehidupan malam”. Selain itu, Anda juga bisa berbelanja di Seminyak dan menginap di resor tepi pantai di Kerobokan, berselancar di pantai yang berombak liar atau sekadar nongkrong di Nusa Lembongan. Anda juga bisa berkunjung ke Sanur atau menikmati liburan mewah di Semenanjung Bukit.

Ubud adalah jantungnya Bali, tempat kebudayaan paling mudah diakses, serta banyak membentang sawah dan monumen kuno. Sedangkan untuk Bali bagian utara dan barat, penduduknya memang sedikit, tetapi di sana Anda bisa menyelam dan berselancar.

Bali memiliki pantai, lokasi selancar dan menyelam, juga resor berukuran besar dan kecil. Tetapi, itulah inti dari Bali dan masyarakat lokal, yang membuatnya jauh lebih dari sekadar tempat peristirahatan yang menyenangkan.

Lombok
Lombok, di Nusa Tenggara Barat, adalah pulau tetangga Bali yang berada di sisi timur. Sebagaimana diketahui, Bali telah menjadi destinasi populer di kalangan wisatawan mancanegara selama dekade terakhir. Bandara Denpasar hiruk pikuk dengan banyaknya maskapai penerbangan internasional.

Tapi, di Lombok –beberapa mil di seberang Laut Bali– lebih tenang dan masih jarang turis yang datang (banyak, namun tak seramai Bali). Pulau ini mungkin terkenal karena trio Kepulauan Gili yan terletak di lepas pantai utara, yakni Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan.

Pembukaan bandara baru di 2012, lima kali lebih besar dari yang sebelumnya, membantu memulai pertumbuhan ekonomi di Lombok, dan pulau itu telah ditargetkan oleh Kementerian Pariwisata di Indonesia sebagai salah satu dari 10 lokasi yang akan diubah menjadi “Bali baru”.

Menulis setelah kunjungan pada 2012, Michelle Jana Chan mengatakan, “Sekitar 30 mil sebelah timur Bali, ada Lombok yang sangat ramah. Di sana ada pantai untuk berselancar di sisi selatan pulau. 30 menit perjalanan dengan perahu ke pantai utara, ada Kepulauan Gili yang dikelilingi oleh pasir putih halus dan terumbu karang, dengan resor vila dan tempat peristirahatan spa. Transportasi lokal yang umum digunakan adalah sepeda dan kereta kuda yang disebut cidomo. Gunung Rinjani, salah satu puncak tertinggi di Indonesia, menawarkan pendakian dua malam yang spektakuler ke puncak dengan pemandangan danau kawahnya.”

Badan pariwisata Indonesia mengatakan, wisatawan asing dan lokal yang datang ke Lombok telah “melonjak dengan cepat dan menjadikan pulau ini sebagai tujuan wisata favorit”.

Maladewa
Maladewa adalah rumah bagi pantai-pantai terbaik di dunia. Pantai di kepulauan Maladewa didominasi oleh pasir putih bak tepung terigu, yang halus dan putih. Air lautnya berwarna hijau jernih dan biotanya terjaga.

Lebih dari satu juta orang per tahun pergi ke “surga” kecil yang ada di Samudra Hindia ini, yang belum banyak dikenal.

Dengan beberapa destinasi penyelaman dan snorkeling terbaik di dunia, perairan di Maladewa adalah magnet bagi siapa saja yang tertarik pada kehidupan bawah laut.

Kekayaan dan keanekaragaman hayati lautnya, terumbu karang yang mempesona, gua-gua yang indah dan ikan-ikan yang hidup di daerah tropis berwarna cerah, menunggu Anda ketika Anda terjun ke dalam air.

Sedangkan di perairan yang lebih dalam, Anda bisa melihat pari manta, kura-kura, hiu dan bahkan ikan terbesar di dunia, hiu paus. Air lautnya juga begitu hangat, sehingga banyak orang, bahkan, tidak memakai kostum selam.

Palawan
Palawan masuk dalam 5 besar sebagai pulau terindah di dunia tahun 2018, yang punya air laut jernih, tebing kapur, dan banyak laguna di provinsi yang ada di Filipina itu.

Bagi sebagian besar turis, Palawan adalah rumah bagi cagar alam yang ada di darat dan laut, dengan lumba-lumba yang hidup liar di lepas pantai, taman laut kerang raksasa, penyu bersarang di pantai pasir putih, 600 spesies kupu-kupu, dan hutan palem yang subur.

Sementara itu, pintu masuk ke Sungai Puerto Princesa Subterranean dinobatkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO dan salah satu dari 7 Keajaiban Alam Baru (New 7 Wonders of Nature). (Afra Augesti)

Sumber: Liputan6

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/01/09/ini-5-pulau-top-dunia-indonesia-masuk-3-besar/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz