Dua Kapolres di Papua Diingatkan Waspadai Kelompok Bersenjata

Suasana Serah terima Jabatan Kapolres Jayawijaya dan Lanny Jaya di Mapolda Papua, Rabu (9/1)

Metro Merauke – Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin mengingatkan Kapolres Lanny Jaya, AKBP Murjatmo Edi dan Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda yang dilantiknya, Rabu (09/01), mewaspadai keberadaan kelompok bersenjata di wilayah hukumnya, atau oleh kepolisian disebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Dalam sambutannya saat serah terima jabatan dua Kapolres itu, Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan, wilayah Lanny Jaya merupakan jalur kelompok bersenjata. Untuk itu, Kapolres harus bertindak tegas dan berkoordinasi dengan berbagai pihak.

“Kapolres Jayawijaya juga mempunyai tugas mengatasi kelompok bersenjata pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga,” kata Irjen Pol Martuani Sormin.

Menurutnya, dalam waktu dekat akan dibentuk tim penanganan kelompok bersenjata atau KKB, bertempat di Kabupaten Jayawijaya.

“Kapolres Jayawijaya yang baru harus membantu kasus yang terjadi di Kabupaten Nduga. Jabatan yang dipercayakan merupakan amanah pimpinan. Harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Katanya, Polri wajib selalu hadir dalam pembangunan di Papua. Memberikan rasa aman kepada masyarakat dan mendukung pembangunan.

Selain keberadaan kelompok bersenjata, Kapolda juga mengingatkan akan agenda Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) atau Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Kadua Kapolres diamanatkan mempersiapkan segala sesuatunya secara matang, berkoordinasi dengan KPU, Bawaslu, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat untuk mencegah berbagai kemungkinan yang terjadi.

Para Kapolres jajaran harus melakukan penggalangan, mendekati masyarakat, dan harus mengenali para tokoh masyarakat untuk membantu dalam pengamanan pelaksanaan Pilpres dan Pileg.

AKBP Tonny Ananda semula menjabat Kapolres Lanny Jaya, kini dipercayakan menempati jabatan Kapolres Jayawijaya menggantikan AKBP Yan Piter Reba, yang akan menempati posisi Kepala Bagian Wasidik Dit Reskrimum Polda Papua.

Sementara mantan Kaden Gegana Brimob Polda Papua, AKBP Murjatmo Edi kini menjabat Kapolres Lanny Jaya, menggantikan AKBP Tonny Ananda. (Arjuna P/Redaksi)

 

 

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/01/09/dua-kapolres-di-papua-diingatkan-waspadai-kelompok-bersenjata/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz