Aneh, SD Sarmayam Merauke Miliki 2 Kepsek

Aneh, SD Sarmayam Merauke Miliki 2 Kepsek

Foto: Ist

Metro Merauke – Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Papua, Heribertus Silubun menilai adanya kejanggalan pada SK pengukuhan ratusan Kepala Sekolah yang telah dilakukan Pemkab beberapa waktu lalu.

Betapa tidak, belakangan ditemukan adanya satu Sekolah Dasar (SD) di Merauke memiliki dua Kepala Sekolah.

Dirinya mengaku memiliki data akurat mengenai pendoubelan kepemimpinan pada salah satu SD dimaksud.

“Bukankah aneh, bagaimana mungkin 1 sekolah miliki 2 kepsek. Dan ini benar terjadi di SD Sarmayam I. Dimana ada dua SK yang dikeluarkan untuk menjabat kepsek di sekolah yang sama,” katanya penuh tanya.

Tak sampai disitu, Anggota Komisi A ini membeberkan, hal serupa juga terjadi di salah satu sekolah yayasan.

“Sudah ada yang melapor ini terjadi di sekolah yayasan, 1 sekolah miliki 3 kepala sekolah?. Ini masih perlu kejelasan,” ujarnya.

Dengan gamblang ia mengatakan, kondisi yang tak lazim ditemukan di dunia pendidikan dapat terjadi.

Dewan mencatat, kesalahan atau kekeliruan dalam pelantikan jabatan di Lingkup Pemkab Merauke bukan pertama kali terjadi.

“Harusnya sebelum SK ditetapkan dan dikeluarkan, bupati terlebih dahulu melakukan kroscek sehingga tidak terjadi kesalahan,” katanya.

Padahal, sambung Heribertus Silubun, berkaitan dalam penempatan dan mutasi pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Kesehatan perlu dikoordinasikan.

“Sayangnya BKD melakukan kesalahan yang sama. Membuktikan koordinasi badan dan dinas tidak berjalan baik. Padahal masing-masing dinas tersebut yang lebih tahu kondisi.”

Menyikapi persoalan yang ada, Legislatif setempat berencana segera melakukan hearing guna mencari titik temu penyelesaian permasalahan bersama pemerintah daerah dan instansi teknis. (Nuryani)