Personil Kompi Brimob Jayawijaya akan Dilatih di Lanny Jaya

Suasana Refleksi Akhir Tahun 2018, Kapolda Papua

Metro Merauke – Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan, nantinya personil Kompi Brimob yang direncanakan dibangun di Wamena, Kabupaten Jayawijaya akan dilatih di Kabupaten Lanny Jaya.

Lanny Jaya dipilih sebagai lokasi latihan nantinya lantaran beberapa pertimbangan, di antaranya ketinggian wilayah itu sekitar 3 ribu meter di atas permukaan laut. Kondisinya dinilai cocok untuk pembentukan satuan khusus milik kepolisian.

“Sungainya (air) sangat dingin. Ini cocok untuk latihan,” kata Irjen Pol Martuani Sormin saat refleksi akhir tahun Kapolda Papua di Mapolda Papua, Jumat (28/12) petang.

Ia mengatakan, pihaknya mestinya mengirim personil ke Watukosek. Namun karena biaya sangat mahal dan dalam setahun hanya berkisar 10-15 orang yang akan dikirim ke tempat latihan Brimob, maka para perwira Brimob di sana akan mengajarkan kepada mereka teknik-teknik dasar Brimob.

“Inilah konsep yang kami gunakan. Sudah saya bentuk 100 orang dengan pembiayaan DIPA Polda Papua, diambil dari dana kontijensi,” ujarnya.

Kini Polda Papua sedang menyusun personil yang akan di tempatkan di Kompi Brimob Wamena nantinya. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi anggota Brimob yang akan di rekrut ke Kompi Brimob di Wamena.

Kriteria itu di antaranya, personil tersebut harus bersedia dan memiliki kemampuan intelijen yang baik, dan secara fisik lolos tes kesehatan jasmani sesuai standar kepolisian.

Pembentukan Kompi Brimob di Wamena lanjut Kapolda, untuk memback up para satuan kewilayaan di daerah pegunungan, di antaranya Tolikara, Puncak Jaya, Puncak, Nduga dan kabupaten lainnya, saat diperlukan.

Katanya, setelah ia bertugas empat bulan di Papua, semua konflik kelompok bersenjata hampir selalu terjadi di wilayah pegunungan. Saat terjadi peristiwa seperti di Balingga, Kabupaten Lanny Jaya beberapa waktu lalu, pasukan (bantuan Brimob) dikirim dari Abepura, Kota Jayapura.

“Biayanya sangat tinggi, sehingga kami rencanakan pembentukan Kompi Brimob yang home basenya di Wamena,” ucapnya. (Arjuna P/Redaksi)

 

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2018/12/29/personil-kompi-brimob-jayawijaya-akan-dilatih-di-lanny-jaya/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz