Harga Kopra Anjlok, Pemkab Merauke Genjot Pelatihan Membuat Minyak Kelapa

Harga Kopra Anjlok, Pemkab Merauke Genjot Pelatihan Membuat Minyak Kelapa

Kepala Bidang Industri Migas dan Panas, Hendrikus Mahuze (baju hitam), ditengah-tengah peserta pelatihan pembuatan minyak kelapa di Kampung Alatep, Distrik Okaba, Merauke

Metro Merauke – Anjloknya harga kopra membuat Pemerintah Kabupaten Merauke perlu memikirkan solusi terbaik kepada petani penggiat kopra.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Merauke telah menyiapkan program pendampingan dan pelatihan bagi para petani untuk membudidayakan tanaman kelapa.

Menurut Kepala Bidang Industri Migas dan Panas, Hendrikus Mahuze, umumnya harga kopra anjlok terjadi secara global tak hanya di Papua.

“Memang saat ini harga kopra turun drastis. Di Distrik Okaba perkilonya Rp1.500,” katanya, Jumat (14/12).

Dan untuk tetap menggairahkan masyarakat dalam pengolahan hasil kelapa, pihaknya sudah memiliki program pembinaan dan pelatihan pengolahan hasil dari kelapa, seperti pembuatan minyak kelapa, harapannya dapat meningkatkan ekonomi warga.

“Sebenarnya hasil kopra Merauke sudah baik namun perlu lebih ditingkatkan,” tandasnya.

Hendrikus mengatakan, pemkab belum lama ini telah menyerahkan bantuan peralatan membuat minyak kelapa yang diawali dengan pelatihan di Kampung Alatep, Distrik Okaba Merauke. (Nuryani)