Biar Lebih Nyaman, Ini Pilihan Model Sofa untuk Ruang Keluarga

Biar Lebih Nyaman, Ini Pilihan Model Sofa untuk Ruang Keluarga

Metro Merauke – Ruang tamu rasanya belum lengkap tanpa kehadiran satu set sofa yang empuk dan nyaman. Yap, ruang tamu menjadi bagian paling penting ketika kumpul keluarga. Ruangan ini menjadi tempat berkumpul dan berbincang bersama keluarga, kerabat dan para tamu yang datang untuk bersilaturahim.

Maka dari itu, cermat memilih sofa menjadi modal penting agar keluarga bisa berlama-lama. Namun harus diakui, memang tidak mudah menemukan model kursi sofa terbaru yang kokoh sehingga awet menemani keluarga hingga puluhan tahun lamanya.

Dilansir liputan6.com, (16/4) setidaknya ada tiga elemen penting dari sofa atau kursi yang mempengaruhi usia pemakaian dan menentukan kenyamanan. Berikut ulasannya:

Rangka
Elemen pertama yang perlu diperhatikan ialah material rangka. Jadi, kerangka yang bisa digunakan untuk menopang sofa menggunakan material kayu solid. Dengan materi tersebut, sofa akan terlihat kokoh dan tahan lama.

Sebaliknya, hindari memilih material kayu daur ulang seperti medium-density fiberboard (MDF), papan kayu partikel, atau plywood standar. Untuk konstruksi rangka, Anda harus cermati karena hal itu bisa memperngaruhi kenyamanan sofa.

Hindari pula rangka yang disatukan dengan baut dan lem, atau penghubung besi yang menyatukan dua buah kayu menjadi satu. Metode ini membuat rangka rentan patah dan rusak.

Suspensi
Biasanya Anda bakal tertarik dengan segala bentuk sofa dengan warna –warninya. Tetapi sadarkah Anda hal itu tidak menjamin sofa Anda akan memberikan kenyamanan atau tahan lama. Maka dari itu, salah satu elemen lain yang penting dalam memilih sofa, ialah suspense atau biasa dikenal dengan per sofa.

Perlu diketahui, suspensi adalah bagian sofa bisa menyangga busa dengan berfungsi membuat duduk terasa nyaman dan sedikit memantul. Ada banyak tipe suspensi yang digunakan oleh pabrikan ketika mendesain sofanya.

Umumnya, untuk mengencek suspensi sofa bagus atau tidak, bisa dengan menekan sandaran sofa. Dari situ, Anda bisa merasakan pantulan per, bagus atau tidak.

Selain itu, untuk sofa lainnya, prinsip Sinuous springs sering digunakan untuk mengetes kualitas furnitur. Suspensi jenis ini terbuat dari logam berbentuk zig zag yang ditata beraturan dalam satu baris di bagian depan sofa.

Busa Dudukan
Memilih sofa tentu Anda perlu cermati busa dudukan sofa tersebut. hal itu sangat penting, Untuk busa dudukan, ada beberapa tipe busa yang dibungkus oleh material serat poliester. Ingat, busa memiliki ketebalan setidaknya 4 inci. Sementara itu untuk busa yang harganya menengah ke atas akan memiliki pusat busa yang dibungkus masing-masing membentuk kelompok busa.

Perlu diketahui, semakin kencang busa maka bisa membentuk body sofa yang bagus dan tahan lama. sebaliknya, hindari memilih busa yang terlalu empuk atau terlalu keras karena tidak nyaman dan cepat berubah bentuk.

Sementara untuk busa sandaran, biasanya hanya diisi oleh serat poliester atau kombinasi dengan busa. Ketebalannya lebih tipis dan lebih keras agar mampu menjadi sandaran punggung yang nyaman.

Pilih sesuai keinginan
Tiga elemen itu adalah rangka, suspense, dan busa dudukan. Kalau ketiga elemnen itu sudah dicek, sofa yang nyaman bisa kamu dapatkan. Nah, kamu bisa mengeceknya sofa mana yang cocok untuk kamu dan keluarga hanya di IKEA

Beragam produk sofa bisa kamu temukan di sini. Salah satunya beragam model kursi sofa terbaru. Tak hanya sofa, IKEA juga menawarkan beragam inspirasi mengenai sofa untuk kamu. Berbagai contoh sofa bisa kamu jadikan inspirasi menarik di ruangan keluarga.

Ingat, dengan sofa yang nyaman dan tahan lama, mampu membantu keharmonisan bersama keluarga dan quality time bersama keluarga lebih berkualitas.

Ayo selaraskan keharmonisan keluarga dengan sofa pilihan di IKEA. (Sumber: www.liputan6.com)