Tahun 2017, Puluhan Rumah Dibangun Untuk OAP

Tahun 2017, Puluhan Rumah Dibangun Untuk OAP

Masyarakat asli Papua di kampung-kampung | LKF

Metro Merauke – Kepala Dinas Perumahan dan Tata Kota Kabupaten Merauke, Paino mengungkapkan, tahun 2017, pemerintah setempat telah membangun 70 unit rumah bagi orang asli Papua di kampung-kampung.

Pembangunan puluhan rumah tersebut menggunakan dana otonomi khusus (otsus). Lalu kini telah ditempati  masyarakat.

Hal itu disampaikan Paino kepada wartawan Rabu (5/12). Dikatakan, sejumlah distrik yang dibangun perumahan itu yakni Okaba, Tubang, Ngguti, Kimaam, Waan serta beberapa distrik lain. Ukuran rumahnya type 36.

Untuk tahun ini, katanya, terdapat 15 rumah dibangun dari dana alokasi umum (DAU) dengan sasaran di Muram Sari serta beberapa lain dalam wilayah kelurahan.

Dijelaskan, bagi yang ingin rumahnya dibangun, harus memenuhi beberapa persyaratan seperti berpenghasilan rendah, memiliki sertifikat tanah dan telah berkeluarga.

Paino menambahkan, jika ada warga yang menjual rumah kepada orang lain, dipastikan pemerintah akan megambil kembali. Karena merupakan aset pemerintah.

“Saya sudah ingatkan kepada warga ketika penyerahan rumah dilakukan. Dimana, kalau ada menjual rumah, langsung ditarik,” tegasnya. (LKF)