Disdukcapil Merauke Terapkan Sistem ‘Jemput’ Bola

Disdukcapil Merauke Terapkan Sistem ‘Jemput’ Bola

Sejumlah wartawan sedang mewawancarai Kadis Dukcapil Merauke, Marthen Gana | LKF

Metro Merauke – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Merauke menerapkan sistem ‘jemput bola’ dengan mendatangi distrik dan kampung melakukan perekaman e-KTP.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merauke, Marthen Gana kepada Metro Merauke Senin (3/12).

“Saat ini, sejumlah staf saya sedang berada di Distrik Kimaam melakukan perekaman e-KTP. Itu dengan tujuan membantu masyarakat,” katanya.

Dikatakan, pelayanan tidak hanya dilakukan di kantor. Tetapi staf juga disebarkan ke distrik melakukan perekaman disana. Sehingga masyarakat tidak harus  mengeluarkan biaya besar turun ke kota.

Dalam kesempatan itu, Marthen mengaku, ada sejumlah persoalan ditemukan saat perekaman data. Dimana, masyarakat yang datang dari daerah asal, melakukan perekaman lagi, sehingga terjadi pendobelan.

Dengan demikian, lanjut dia, e-KTP tak bisa diproses. Karena terjadi pendobelan. “Harusnya warga jujur sampaikan kepada petugas di kantor kalau sudah melakukan perekaman di daerah asal, sehingga tidak mengulang lagi,” pintanya.

“Kalau seperti begini, jangan salahkan petugas kami, ketika e-KTP tan bisa diproses sekaligus dicetak,” ujarnya.

Ditambahkan, ketika sudah melakukan perekaman di daerah asal, cukup saja membawa surat pengantar dari sana. Sehingga petugas di Capil Merauke memroses e-KTP bagi warga bersangkutan. (*)