Bupati Merauke: APBD Itu Instrumen Penyelenggaraan Pemerintah

Bupati Merauke: APBD Itu Instrumen Penyelenggaraan Pemerintah

Bupati Merauke, Frederikus Gebze bersalaman dengan salah seorang anggota DPRD | LKF

Metro Merauke – Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengungkapkan, Anggaran, Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) merupakan instrumen terpenting penyelenggaraan pemerintah di daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Freddy dalam pembukaan sidang pembahasan RAPBD 2019 di ruang rapat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke Senin (26/11). Dikatakan, RAPBD memuat rencana keuangan tahunan yang dibahas bersama dan disetujui wakil rakyat.

“Tanpa rencana keuangan tahunan, kita tak mungkin membiayai penyelenggaraan pemerintahan dan melaksanakan kegiatan pembangunan serta melayani masyarakat secara langsung,” katanya.

Program pembangunan yang disusun, lanjut bupati,  diharapkan dapat dibiayai secara baik, akuntabel dan transparan. Karena merupakan upaya dalam menjaga kesinambungan pembangunan yang terencana serta sistematis.

Dikatakan, kebijakan anggaran belanja dalam rencana belanja pemerintah, disusun dengan cara memastikan hanya program yang benar-benar bermanfaat. Bukan sekedar tugas dan fungsinya semata.

Ditambahkan, terdapat sejumlah fungsi yang melekat dalam APBD yakni memiliki otorisasi. Dimana sebagai dasar merealisasikan belanja pada tahun berjalan.

“Jadi, kalau suatu kegiatan tak dianggarkan dalam APBD, maka dipastikan tidak dijalankan,” tegasnya.

APBD  juga, menurutnya, mempunyai fungsi perencanaan sebagai pedomana menjalankan  kegiatan di tahun sekarang maupun mendatang. Lalu juga sebagai tolak ukur menilai berhasil atau tidaknya pembangunan di daerah. (LKF)