DPRD Merauke Gelar Sidang Paripurna Bahas 14 Raperda

DPRD Merauke Gelar Sidang Paripurna Bahas 14 Raperda

Bupati Merauke, Frederikus Gebze usai mengikuti sidang di DPRD  | LKF

Metro Merauke – Sebanyak 14 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) diusulkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke untuk dibahas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

Belasan raperda dimaksud, telah diparipurnakan dalam sidang dewan Rabu (14/11) yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Merauke, Marotus Solikah dan dihadiri Bupati Merauke, Frederikus Gebze serta Sekretaris Daerah (Sekda), Daniel Pauta dan pejabat di lingkungan pemerintah setempat.

Raperda yang diusulkan pemerintah tersebut seperti raperda pendidikan, kesehatan, PDAM, pelayanan publik, penyelenggaraan kearsipan serta sejumlah raperda lain.

Marotus Solikah dalam sambutannya mengatakan, raperda non APBD yang diusulkan pemerintah, sedianya akan dibahas dan ditetapkan menjadi peraturan daerah (Perda).

Dikatakan, 14 raperda itu, selanjutnya dibahas secara bersama oleh DPRD Merauke.

“Kita telah membentuk panitia khusus (Pansus) untuk mengkaji sekaligus mendalami secara sungguh-sungguh raperda yang diajukan pemerintah,” ujarnya.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze dalam sambutannya mengungkapkan, pembahasan sejumlah raperda non APBD tahun 2018 ini, karena pemerintah memberi kewenangan membentuk perda guna menyelenggarakan otonomi khusus.

“Tentunya kita semua berharap agar raperda yang diusulkan, dapat dibahas dan disahkan menjadi produk hukum untuk dilaksanakan,” katanya. (LKF)