Kelompok Purom Wenda Miliki Dua Senpi Otomatis

Kelompok Purom Wenda Miliki Dua Senpi Otomatis

Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin

Metro Merauke – Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan, kelompok bersenjata di Kabupaten Lanny Jaya pimpinan Purom Wenda memiliki dua senjata api (senpi) otomatis jenis Arsenal dan Minimi, serta beberapa senapan serbu.

Menurutnya, senjata jenis Arsenal tersebut milik anggota Brimob yang bertugas di Puncak Jaya dan dirampas beberapa tahun lalu setelah pemegang senjata itu dibunuh dan senjata jenis Minimi, milik anggota TNI yang juga dirampas.

Kepolisian memperkirakan Purom Wenda memiliki pasukan kurang lebih 60 orang dengan persenjataan kurang lebih 40 pucuk.

“Persenjataan dari analisis kami, memang lengkap. Senjata otomatis dua dan yang lain senpi serbu,” kata Irjen Pol Martuani usai silaturahmi dengan insan pers di Jayapura, Selasa (13/11).

Di Distrik Balingga yang merupakan wilayah kelompok Purom Wenda kata Kapolda, tak ada anggota polisi di daerah itu, sehingga saat ke Lanny Jaya ia bertemu masyarakat, tokoh adat, pemuda dan DPRD.

“Saya menyampaikan akan melakukan penegakan hukum dan kami diizinkan masuk. Di sana (Distrik Balingga) kami sudah tempatkan pos pengamanan sementara yang diisi TNI, Polri. Pos itu kebetulan rumah guru yang tak di tempati. Personil di sana satu pleton,” ucapnya.

Ia mengakui sulitnya medan dengan perbukitan yang curam di Distrik Balingga menyulitkan aparat keamanan melakukan pengejaran terhadap kelompok bersenjata.

Markas Purom Wenda lanjutnya berjarak tiga bukit dari Distrik Balingga. Namun untuk melintasi satu bukit, dibutuhkan waktu satu hari, karena merupakan bukit terjal.

“Kami sedang petakan. Personil kami menunggu waktu masuk ke sana melakukan penegakan hukum kasus penembakan terhadap tukang ojek, 1 November lalu,” ujarnya. (Arjuna P/Redaksi)