IMI Papua Persiapkan Dua Tim untuk Ajang PON XX

IMI Papua Persiapkan Dua Tim untuk Ajang PON XX

Ketua Harian Ikatan Motor Indonesia (IMI) Papua, Imel Patipi (tengah)

Metro Merauke – Ketua Harian Ikatan Motor Indonesia (IMI) Papua, Imel Patipi mengatakan, pihaknya menyiapkan tim A dan tim B untuk tiga kategori cabang olahraga (cabor) balap motor yang akan dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, saat Papua menjadi tuan rumah pada 2020 mendatang.

“Ada tiga kategori cabor balap motor yang dilombakan, di antaranya gasstrack, motor cross dan balap motor,” kata Imel Patipi saat Gasstrack Intan Jaya Championship, di Sircuit MTMC Distrik Muaratami, Kota Jayapura, Minggu (11/11).

Menurutnya, saat PON XX mendatang Papua akan diperkuat pebalap nasional, Yosua Patipi untuk kategori motor cross, dan pada kategori gasstrack, ada dua pebalap yang disiapkan yakni Lantian dan Edy Haryanto. Keduanya bahkan telah diikat dikontrak.

Untuk pebalap lokal katanya, mereka diseleksi melalui berbagai even Kejuaraan Daerah (Kejurda) yang telah beberapa kali digelar di sejumlah wilayah di Papua dan Papua Barat misalnya Kerjurda di Manokwari, Waropen, Wamena dan Jayapura.

“Untuk kategori beregu, akan ada pembalap yang akan mendampingi. Pebalap itu diambil dari hasil seleksi nantinya,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk balap motor, kini atletnya sedang ada di Pulau Jawa mengikuti Kejurda. Dari empat atlet, satu di antaranya berasal dari Papua.

“Tiga atlet lainnya kemungkinan kami rekrut dari luar Papua. Dua dari DKI Jakarta dan satu dari Jawa Timur,” katanya. (Arjuna P/Redaksi)