Mendorong Masyarakat Bertani

Mendorong Masyarakat Bertani

Satgas TNI bersama masyarakat sedang menanam sayur-sayuran | Foto Ilustrasi

Metro Merauke – Berbagai kegatan nyata terus dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Kodim 1707 Merauke di Kampung Bifo, Distrik Passue Bawah, Kabupaten Mappi.

Selain pembangunan fisik yakni penyelesaian 20 unit rumah, juga beberapa kegiatan non fisik lain dijalankan mulai dari pelayanan kesehatan, pengobatan gratis, kegiatan proses belajar mengajar, nonton bareng bersama serta sejumlah kegiatan lain.

Salah satu kegiatan yang  sedang berjalan adalah bertani. Itu dilakukan dengan tujuan, mengajarkan sekaligus mendorong masyarakat setempat memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menanam jenis tanaman apa saja yang bermanfaat.

Dari rilis yang diterima Metro Merauke Selasa (30/10), Danki Satgas TMMD ke-103, Kapten Inf Herman Purba mengatakan, sangat perlu masyarakat di Kampung Bifo, mendapatkan pengetahuan dan bimbingan tentang bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan benar.

“Kami melihat masih banyak warga tak memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam apa saja. Padahal, struktur tanahnya sangat subur,” ujarnya.

Melihat itu, jelas Herman,  ia bersama anggota  membalik tanah di halaman rumah  salah seorang warga, Philipus Tagi  untuk menanam cabai, terong, tomat, kacang panjang serta umbi-umbian.

“Saya melihat, warga setempat belum mempunyai pemahaman dan pengetahuan baik tentang cara bercocok tanam,” katanya.

Dijelaskan, saat membalik tanah dengan peralatan seadanya seperti cangkul, prajurit juga melibatkan masyarakat setempat. Itu dengan tujuan agar mereka dapat memahami bagaimana dapat menanam sejumlah tanaman.

Ditambahkan, Satgas juga sedang menyiapkan bibit yang disemaikan untuk selanjutnya akan dibagikan gratis kepada masyarakat. Sehingga pekarangan rumah mereka dapat dimanfaatkan  menanam apa saja, yang bisa bisa memenuhi kebutuhan setiap hari, setelah panen nanti. (LKF)