Moses Kaibu: Saya Minta BPK dan Inspektorat Audit Dana Desa

Moses Kaibu: Saya Minta BPK dan Inspektorat Audit Dana Desa

Anggota DPRD Merauke, Moses Kaibu | LKF

Metro Merauke – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Moses Kaibu meminta kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Inspektorat agar melakukan audit penggunaan dana desa.

Karena disinyalir, banyak kepala kampung memanfaatkan dana dimaksud untuk kepentingan pribadinya.

Permintaan itu disampaikan Moses kepada Metro Merauke Selasa (6/10). Dikatakan, dua instansi itu wajib hukumnya turun ke setiap kampung dan melihat kondisi sesungguhnya, apakah pembangunan berjalan atau tidak.

“Jangan hanya mengandalkan laporan dari masyarakat atau kepala kampung tanpa melihat fakta sesungguhnya di lapangan,” ungkapnya.

Selama ini, lanjut  Moses, pihaknya sering ke kampung, terutama yang didiami orang asli Papua dan kenyataan tak ada  bukti nyata baik pembangunan fisik maupun kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Lebih banyak, katanya, dana miliaran rupiah digunakan oleh kepala kampung untuk kepentingan pribadi. Sehingga memunculkan aksi protes dari masyarakat.

“Berulang kali saya bersuara dan meminta kepada Badan Pemerintahan Kampung dan Pemberdayaan Masyarakat Desa menindaklanjuti pengaduan masyarakat, namun tak diresponi sampai sekarang,” tegasnya.

Ditambahkan, setiap tahun dana miliaran rupiah digelontorkan pemerintah pusat dan dicairkan kepala kampung, tetapi pemanfaatannya tidak jelas sama sekali. (LKF)