Dari Pembangunan Rumah, Pelayanan Kesehatan Sampai Sosialisasi

Dari Pembangunan Rumah, Pelayanan Kesehatan Sampai Sosialisasi

Salah satu kegiatan Pelayanan Kesehatan TMMD di Kampung Bifo, Distrik Passue Bawah, Kabupaten Mappi | FOTO/IST

Metro Merauke – Sejak program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 dibuka Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu di Kampung Bifo, Distrik Passue Bawah Senin (15/10), sejumlah kegiatan telah dijalankan Satuan Tugas (Satgas) Kodim 1707 Merauke.

Selain pembangunan 20 unit rumah tipe 36, juga pelayanan kesehatan serta sosialisasi tentang wawasan kebangsaan, bela negara dan lain-lain.

Dari rilis yang diterima Metro Merauke, Kamis (18/10), Dandim 1707 Merauke, Letkol Inf Heri Krisdianto mengatakan, topografi wilayah Kampung Bifo sangat terpencil. Lalu jumlah penduduknya 91 kepala keluarga dan jiwanya 359 orang. Umunya mereka adalah petani.

Dikatakan, kampung tersebut termasuk jauh , sehingga Pemkab Mappi meminta bantuan TNI membangun perumahan warga setempat. Juga beberapa kegiatan lain yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Danki Satgas TMMD 103 Kodim 1707 Merauke, Kapten Inf Herman Purba mengaku , secara umum struktur tanah di kampung itu bercampur pasir. Sehingga memudahkan anggota Satgas melakukan penggalian pondasi bangunan rumah.

“Memang dalam tiga hari terakhir, semua anggota dikerahkan menyelesaian pondasi rumah dari 20 unit tersebut. Lalu saya minta kekompakan antara TNI bersama masyarakat senantiasa dijaga guna meningkatkan kerjasama baik dalam menyelesaikan pekerjaan dimaksud,” ujarnya.

Anggota Satgas TMMD, Serda M Imron menambahkan, ada juga pelayanan kesehatan dilakukan yang merupakan rangkaian kegiatan non fisik dalam program TMMD ke-103.

Kepala Puskesmas Wonggi, Andi Upi Yanti mengaku, pelayanan kesehatan yang dilakukan, melibatkan anggota Satgas TMMD seperti pemberian imunisasi, pemeriksaan ibu hamil dan balita serta penimbangan.

“Posyandu ini penting dilakukan karena selain untuk menurunkan angka kematian bayi dan ibu hamil, juga meningkatkan peran serta masyarakat mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB guna menunjang tercapainya masyarakat sehat dan sejahtera,” ungkapnya Ditambahkan, adanya pemberian makanan pendamping ASI kepada bayi pula. (LKF)