Pemkab Merauke Kirim Puluhan Ton Beras ke Palu

Pemkab Merauke Kirim Puluhan Ton Beras ke Palu

Wakil Bupati Merauke, Sularso | Kabar Papua

Metro Merauke – Pemerintah Daerah Merauke, Papua mengirimkan bantuan berupa beras sebanyak 22,5 ton untuk korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Wakil Bupati Merauke, Sularso mengatakan, bantuan puluhan ton beras Merauke sudah dikirim sepekan lalu menggunakan KRI Banjarmasin.

Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah menyampaikan prihatin dengan adanya musibah bencana alam yang melanda Palu dan Donggala beberapa waktu lalu.

“Bantuan awal berupa beras sudah kita kirim,” katanya kepada Metro Merauke, Minggu (14/10).

Tidak sampai disitu, saat ini posko bantuan di kantor bupati setempat juga masih dibuka.

Wakil Bupati mengajak masyarakat berpartisipasi membantu korban gempa dan tsunami dengan memberikan bantuan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ditunjuk sebagai penanggungjawab penanganan bantuan.

“Bantuan bisa berupa barang makanan, pakaian, obat-obatan dan kebutuhan lainnya. Sedangkan untuk bantuan uang kami buka rekening khusus,” terangnya.

Pihaknya belum dapat memastikan kapan posko bantuan Palu bakal ditutup. Nantinya seluruh bantuan dari masyarakat akan disatukan untuk dikirim ke daerah sasaran.

“Kita masih akan lihat beberapa hari kedepan. Dari berbagai kalangan masyarakat masih berdatangan menyerahkan bantuannya.”

Pemkab merencanakan bantuan dikirim melalui jalur laut dan diserahkan secara simbolis ke tim penanggulangan bencana nasional di Sulawesi Tengah sehingga tepat sasaran. (Nuryani)