Potensi Ikan di Merauke Sangat Menjanjikan

Potensi Ikan di Merauke Sangat Menjanjikan

Kadis Kelautan dan Perikanan Papua, FX Motte berikan keterangan kepada sejumlah wartawan | LKF

Metro Merauke – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, FX Motte mengungkapkan, potensi ikan di Kabupaten Merauke sangat menjanjikan. Hanya saja, pengelolaan kurang maksimal dilakukan. Hal itu disampaikan Motte kepada sejumlah wartawan Jumat (5/10).

“Banyak laporan saya terima kalau pengelolaan ikan tidak maksimal. Sehingga ikan hasil tangkapan masyarakat lokal di kampung-kampung, dibuang begitu saja,” ujarnya.

Melihat kondisi demikian, lanjut dia, harusnya Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengambil langkah cepat. Dimana mengalokasikan anggaran secukupnya untuk pengadaan fasilitas pendukung lain, termasuk melatih masyarakat cara mengola ikan.

“Kan dana otonomi khusus untuk kabupaten/kota di Papua adalah 80 persen. Mestinya untuk bidang kelautan dan perikanan, anggarannya ditambah lagi,” pintanya.

Jika pemerintah menyikapi dengan sungguh-sungguh, katanya, dipastikan masyarakat tak akan mengala mi kesulitan ketika menangkap ikan dalam jumlah banyak.

“Tentunya saya juga ikut prihatin ketika masyarakat telah bersusah-payah mencari ikan. Tetapi akhirnya tak dibeli orang lain,” katanya. (LKF)

Advertisement