George Kaiba, Calon Ketua KNPI Papua Mundur dari Golkar

George Kaiba, Calon Ketua KNPI Papua Mundur dari Golkar

Ketua DPD Garuda Emas Papua, Abdul Muis Iba (kiri), Calon Ketua KNPI Papua, George Kaiba (tengah) dan Ketua DPD AMDI Papua, Robert Amsamsium (kanan)

Metro Merauke – George Kaiba, satu dari delapan calon Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua, periode periode 2018-2021, menyatakan mundur dari jabatannya sebagai wakil sekretaris DPD Golkar Papua.

Ia mengatakan, sikap itu diambil untuk menjaga wibawah dan independensi organisasi pemuda tersebut.

“Saya izin mundur dari kepengurusan partai politik (parpol) untuk menjaga integritas KNPI. Saya harus mengambil sikap independen karena KNPI ini organisasi independen, dan untuk menjaga netralitas KNPI ke depan,” kata George Kaiba dalam keterangan persnya, Selasa (2/10/2018).

Menurutnya, ia kini konsentrasi dalam bursa pemilihan Ketua KNPI Papua, dengan harapan ke depan tak ada hambatan terhadap pencalonannya, dan dengan mundurnya dari kepengurusan parpol, ia dapat diterima semua kalangan.

George Kaiba mencalonkan diri sebagai Ketua KNPI Papua mengusung visi misi ingin membawa pemuda Papua ke arah lebik baik ke depan, menjaga nasionalisme dan kebhinekaan di Papua.

Ia ingin nilai-nilai ideologi kebangsaan apa pun itu, tak keluar dari kehidapan berbangsa dan bernegara. Salah satu program utama George Kaiba yakni KNPI back to Kampus.

Bagaimana KNPI menjadi fasilitator merekrut kader muda yang baru kuliah untuk dibina agar mengerti tentang kepemudaan, sehingga Papua dapat melahirkan generasi emas yang kreatif dan inovatif, dapat bersaing dengan non-Papua.

“Ini maksud konsep saya membangun generasi Papua emas, yang tak takut tantangan. Bersaing secara sehat kerena punya kemampuan, bukan karena UU Otsus,” ucapnya.

Dalam pencalonannya, George Kaiba mendapat dukungan rekomendasi dari berbagai organisasi kepemudaan (OKP), di antaranya yang berada di bawah OKP Cipayung, yakni GMKI, HMI, PMKRI, PMII, GMNI, juga Garuda Emas Papua, Angkatan Muda Demokrat Indonesia (DPD-AMDI) Papua, dan Forum Komunikasi Mahasiswa Papua (FKMP).

Ketua DPD Garuda Emas Papua, Abdul Muis Iba mengatakan, KNPI ke depan merupakan harapan semua pemuda Papua. Pihaknya bersama OKP pendukung akan bekerja keras dan optimis dapat memenangkan George Kaiba dalam bursa pemilihan Ketua KNPI Papua.

Sementara Ketua DPD AMDI Papua, Robert Amsamsium mengatakan, sebagai OKP pengusung, pihaknya menilai langkah George Kaiba mundur dari kepengurusan parpol sudah tepat.

“Kepengurusan KNPI ke depan, jangan melihat kekurangan sebelumnya, tapi bagaimana mengembangkan pemuda Papua ke depan,” kata Robert Amsamsium. (Arjuna P/Redaksi)

 

Advertisement