Pebisnis Asli Papua Diyakin Mampu Bersaing di Pasifik

Pebisnis Asli Papua Diyakin Mampu Bersaing di Pasifik

Anggota komisi bidang ekonomi dan perdagangan DPR Papua, Mustakim (tengah)

Metro Merauke – Anggota komisi bidang ekonomi dan perdagangan DPR Papua, Mustakim meyakini pebisnis asli Papua mampu bersaing dalam dunia bisnis di Pasifik, salah satunya Negara Papua Nugini (PNG), seperti yang diinginkan Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Ia menyatakan mendukungan niat gubernur Papua agar pebisnis asli Papua berbisnis di Pasifik, karena itu memberikan peluang kepada pelaku usaha asli Papua untuk merambah bisnis dunia internasional.

“Papua dan PNG berbatasan langsung, sehingga komoditas apa yang mereka (PNG) butuhkan dapat disuplai dari Papua, begitu juga sebaliknya. Apa yang dibutuhkan di Papua, disuplai PNG,” kata Mustakim kepada Metro Merauke, pekan lalu.

Katanya, kini sudah banyak pebisnis (pengusaha) asli Papua yang cukup berpengalaman dan berhasil dalam dunia bisnis. Hanya butuh peningkatan kapasitas dari sisi sumber daya manusia dan manajemen usaha, sebelum masuk ke negara Pasifik, karena strategi bisnis antarnegera berbeda dengan manajemen bisnis lokal.

“Sebelum merambah Pasifik, pebisnis asli Papua harus dipersiapkan dengan baik. Itu tugas instansi terkait dengan melibatkan pihak di luar pemerintah yang memiliki keterkaitan, misalnya Kamar Dagang dan Industri wilayah Papua,” ujarnya.

Selain harus mampu mengubah pola yang digunakan selama ini, para pebisnis asli Papua lanjutnya mesti memiliki kesadaran dan niat sendiri.

“Kalaupun pemerintah punya niat baik, jika pengusaha sendiri tak punya niat, akan sulit,” ucapnya. (Arjuna P/Redaksi)

Advertisement