Ketika Hendrikus Sareng dan Donatus Manu ‘Dielu-elukan’

Ketika Hendrikus Sareng dan Donatus Manu ‘Dielu-elukan’

Caleg Dapil III DPRD Kabupaten Merauke, Hendrikus Sareng bersama Donatus Manu  bersalaman dengan rombongan | LKF

Metro Merauke – pagi itu, Sabtu (29/9) sekitar pukul 10.00 Wit, cuaca tampak cerah di SP-7, Distrik Tanah Miring. Ratusan pasang mata tertuju ke jalan untuk menyambut kedatangan rombongan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) baik dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Papua maupun Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Merauke.

Selain pengurus, juga penasehat yakni Mantan Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT dan Adrianus Molo yang juga Ketua Flobamora Kabupaten Merauke.

Rombongan disambut antusias yang ditandai dengan tariat adat dari salah satu ethnis Flobamora. Juga pengalungan kain kepada beberapa perwakilan sebagai simbol mereka telah menjadi bagian dari orang Flobamora.

Dengan semangat menggebu-gebu, ditambah teriakan MC, Nasly Koten yang terus ‘membakar’ semangat masyarakat dari SP-3, SP-7, SP-9 dan Erom dengan jumlah mencapai 900-an orang, rombongan diarak menuju ke tempat deklarasi yang telah disiapkan.

Setelah beberapa mata rangkaian acara dilalui, akhirnya calon legislatif orang Flobamora, Hendrikus Sareng (nomor urut 2) dan Dinatus Manu (nomor 7) dari daerah pemilihan (Dapil) III yang diusung DPD PSI, diberikan kesempatan melakukan orasi di atas panggung.

Kedua caleg itu menunjukkan kualitasnya dihadapan ratusan masyarakat Flobamora. Mereka tampil wibawa dan cerdas menyampaikan berbagai gagasan yang lugas, sederhana dan dapat diterima rakyat.

Ratusan masyarakat yang memadati deklarasi Hendrik dan Donatus menjadi Caleg DPRD Merauke dari Dapil III | LKF

Hendrikus Sareng ketika memulai orasinya di atas panggung mengatakan, selama kurang lebih 35 tahun, ia belum pernah melihat orang Flobamora mengumpulkan massa dalam jumlah sangat banyak seperti begini.

“Disinilah kami memulai untuk dibawa ke kota,” katanya.

“Lihatlah Komodo yang mendunia. Selama ini kami juga langka di Brawijaya. Mari kita buktikan dalam pemilu legislatif tahun depan. Dukunglah saya bersama Donatus meraih suara terbanyak,” pintanya.

Dikatakan, ketika seorang caleg maju dan bertarung, tentunya harus mempunyai visi-misi jelas. Jika tak ada, sebaiknya stop saja.

“Misi saya identik dengan PSI. Sedangkan visi saya adalah sebagai jembatan,” katanya.

“Kenapa sebagai jembatan, karena saya ingin menjadi penyalur aspirasi masyarakat ketika sudah di lembaga DPRD Kabupaten Merauke. Meskipun yang memiliki uang adalah pemerintah, namun tugas dan tanggungjawab saya adalah ‘berteriak’ dalam forum sidang agar aspirasi masyarakat diwujudnyatakan,” tegasnya.

“Memang kadang orang melihat saya sepertinya tidak percaya. Karena sudah pendek, kecil dan hitam lagi,” ujar Hendrik bergurau dan mendapat teriakan histeris ratusan massa.

Dalam kesempatan itu, Hendrik menegaskan, ada tiga hal penting diusungnya yakni bidang pertanian, pendidikan serta kesehatan. Ini sebagai dasar menuju kesejahteraan masyarakat tani Flobamora di Dapil III.

“Saya tidak kemana-mana. Karena setiap hari bersama petani disini melihat, mendengar dan merasakan keluhan mereka. Bagaimana petani sejahtera, kalau harga  beras jatuh.  Selain itu kelangkaan pupuk maupun minimnya alat pertanian,” tegasnya.

Ketika rakyat Flobamora sejahtera, demikian pria yang rendah hati itu, anak-anak dapat disekolahkan dengan baik. Karena harga beras melambung naik.

“Lalu kalau pendidikan sudah berjalan baik, tentunya kesehatan juga diperhatikan. Bagaimana ketika petani tak sehat, otomatis mereka tak dapat menggarap sawah dalam skala lebih luas,” ungkapnya.

Sementara Donatus Manu dalam orasinya meminta masyarakat Flobamora harus bersatu, maju dan menang.

“Kita perlu menunjukkan yang terbaik. Solidaritas harus digenggam bersama,” pintanya.

Dikatakan, ia bersama Hendrik telah berkomitmen memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat. Olehnya, masyarakat Flobamora di Dapil III agar memberikan dukungan.

“Kita semua adalah saudara. Sekali lagi saya mengajak orang Flobamora menunjukkan jati diri. Kami maju menjadi caleg demi kepentingan semua orang,” ujarnya.

“Melalui kesempatan ini, saya  kembali mengajak masyarakat Flobamora memberikan dukungan penuh kepada kami untuk bertarung dan lolos dalam pemilu legislatif tahun depan,” pintanya. (LKF)

Advertisement