Legislator Puji Langkah Gubernur Papua Jajaki Kerjasama dengan PNG
Humanis

Legislator Puji Langkah Gubernur Papua Jajaki Kerjasama dengan PNG

Gubernur NCD, Powes Parkop (kiri) dan Gubernur Papua, Lukas Enembe (kanan) saat menghadiri upacara peringatan Hari Kemerdekaan PNG, 16 September di Port Moresby - Jubi/Victor Mambor

Metro Merauke – Anggota Komisi I DPR Papua bidang hubungan luar negeri, pemerintahan, politik, hukum dan HAM, Laurenzus Kadepa memuji langkah Gubernur Papua, Lukas Enembe menjajaki kerjasama dalam bidang ekonomi dengan negara tetangga, Papua Nugini (PNG).

Ia mengatakan, Lukas Enembe merupakan gubernur Papua pertama yang serius menjajaki kerjasama dengan beberapa provinsi di PNG. Selama ini para gubernur Papua sebelumnya tidak melakukan itu.

“Saya pikir itu langkah bijak sebagai sesama negara tetangga, juga dapat mencairkan suasana ketegangan antara Indonesia dengan negara-negara di wilayah Pasifik selama ini, dalam isu HAM dan politik Papua,” kata Laurenzus Kadepa via teleponnya, Jumat (21/09).

Ia meminta Pemerintah Republik Indonesia (RI) mendukung langkah Gubernur Papua menjajaki kerjasama dengan Papua Nugini (PNG), karena kedatangan Enembe ke PNG murni untuk membangun kerjasama dalam bidang ekonomi, termasuk pasokan kebutuhan daging sapi ke Papua saat pelaksanaan PON XX di Papua, 2020 mendatang.

“Saya mendukung, mengapresiasi dan memuji langkah gubernur Papua itu. Pemerintah pusat juga perlu mendukungnya, jangan selalu melihat dari sisi politik dan curiga terhadap apa yang dilakukan gubernur Papua,” ujarnya.

Menurutnya pemerintah pusat jangan menganggap kunjungan Lukas Enembe ke PNG ada kaitannya dengan ULMWP, isu politik Papua dan lainnya.

“Itu murni untuk menjajaki kerjasama dalam berbagai bidang ekonomi, jangan selalu dilihat dari sudut pandang politik,” ucapnya. (Arjuna P/Redaksi)

 

Post Comment