Gubernur Papua Didesak Cabut Izin PT PMJ di Musairo
Hukum & Kriminal

Gubernur Papua Didesak Cabut Izin PT PMJ di Musairo

Legislator Papua, John Gobai

Metro Merauke – Gubernur Papua didesak segera mencabut izin PT PMJ, salah satu perusahaan penambangan emas yang beroperasi di Musairo, Kabupaten Nabire, Papua karena diduga telah menyalahi aturan.

Legislator Papua, John Gobai mengatakan, Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Papua menemukan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan perusahaan itu. Namun hingga kini ia belum mendengar kabar jika hasil temuan tersebut sudah ditindaklanjuti.

“Ini patut diduga ada kingkalikong antara dinas ESDM dan pemilik perusahaan PT PMJ. Saya minta gubernur segera cabut izin PT PMJ. Dia tak bayar PNBP tapi berproduksi padahal izinya eksplorasi,” kata Gobai, Rabu (19/09).

Menurutnya, lantaran izin PT PMJ adalah eksplorasi bukan produksi, diduga pihak perusahaan itu menggunakan perusahaan lain untuk berproduksi. Katanya, itu sudah menyalahi aturan pertambangan.

“Dia pakai perusahaan lain. Saya dapat info langsung di lapangan dari pekerja di perusahaan lain kalau mereka kerja di bawah payung PT PMJ,” ujarnya.

Katanya, sebaiknya izin itu diberikan kepada PT TAP yang selama ini sudah melakukan apa yang diatur dalam undang-undang, termasuk CSR kepada masyarakat sekitar. Namun yang ada, selama ini PT TAP menjadi bulan-bulanan dinas padahal mereka yang ada di perusahaan itu anak asli Papua.

“Di belakang dinas dan polisi ini mungkin saja ada investor. Anak asli Papua menjadi sasaran, sedangkan warga asing dari Jepang, Korea, Cina yang berdatangan tak dipedulikan. Lebih baik kejar pencuri yang merugikan negara.”

“Makanya saya minta gubernur cabut izin PT PMJ karena telah melanggar dan wilayah itu diarahkan agar masyarakat yang kerja. Tidak usa kita bicara lain,” katanya. (Arjuna P/Redaksi)

Post Comment