Hutan di Area TN Wasur Terbakar

Hutan di Area TN Wasur Terbakar

Kobaran api di dalam TN Wasur yang belum dipadamkan - LKF

Metro Merauke – Kurang lebih dua hektar lahan di dalam area Taman Nasional (TN) Wasur terbakar. Sementara untuk melakukan pemadaman, tim dari brigadir pengendalian hutan dan lahan, terus berusaha melakukan pemadaman secara manual maupun semi mekanik.

Demikian disampaikan Ketua Tim Kebakaran dari Brigadir Pengendalian Hutan dan Lahan, Sukamto kepada wartawan Jumat (7/9).

“Kita mengetahui adanya kebakaran sejak kemarin dan tim langsung bergerak. Jumlah yang turun melakukan pemadaman sekitar sebelas orang,” ungkapnya.

Kebakaran hutan, menurutnya, terjadi setiap tahun pada saat musim kemarau. Lokasi kebakaran tidak hanya di satu titik, tetapi tersebar di beberapa tempat. Ditanya siapa yang membakar, Sukamto mengaku, kemungkinan ulah masyarakat.

“Kami tak menuduh siapa-siapa. Untuk sementara tim fokus melakukan pemadaman terlebih dahulu,” katanya.

Disinggung lagi  dampak kebakaran, Sukamto menambahkan, sudah pasti terjadi kerusakan ringan. Hanya pohon terbakar di bagian kulit, sehingga dipastikan hujan turun  akan hidup kembali. Begitu juga rumput di sekitar.

“Saya meminta kepada masyarakat agar sadar dan tak membakar hutan. Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan dengan baik,” pintanya.

Dia menambahkan, kebakaran tidak hanya dalam kawasan TN Wasur, tetapi juga di beberapa tempat lain seperti Sota maupun di Distrik Naukenjerai. (LKF)

Advertisement