Komnas HAM Ingatkan Gubernur Papua Penuhi Janji Terbitkan Pergub HAM

Komnas HAM Ingatkan Gubernur Papua Penuhi Janji Terbitkan Pergub HAM

Gubernur dan wakil gubernur Papua, Lukas Enembe - Klemen Tinal saat menyampaikan pidatonya usai serah terima jabatan di ruang sidang DPR Papua, Kamis (06/09)

Metro Merauke- Komnas HAM perwakilan Papua mengingatkan Gubernur Papua, Lukas Enembe dan wakilnya, Klemen Tinal menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang korban dan keluarga korban pelanggaran HAM berat di Papua.

Kepala Kantor Komnas HAM perwakilan Papua, Frits Ramandey kepada Metro Merauke, Kamis (06/09) mengatakan, Pergub ini merupakan salah satu janji gubernur Papua sejak beberapa tahun lalu.

“Gubernur memiliki niat baik dalam masalah HAM dan telah berjanji menerbitkan Pergub. Komnas HAM perwakilan Papua sejak beberapa waktu lalu telah menyerahkan draf Pergubnya kepada Pemprov Papua. Namun Biro Hukum belum menindaklanjutinya,” kata Frits.

Menurutnya, seakan Biro Hukum dan Asisten I Setda Pemprov Papua tidak punya komitmen baik menindaklanjuti pembahasan itu. Padahal itu sudah menjadi komitmen gubernur untuk memberi perhatian kepada korban dan keluarga korban pelanggaran HAM berat.

Paling tidak katanya, gubernur Papua mengevaluasi perangkat di bawahnya yang belum menyelesaikan draf Pergub itu dan belum melaporkan kepada gubernur apa kendalanya selama empat tahun ini.

“Ini bukan sesuatu yang baru di Indonesia, karena Yogyakarta dan Palu juga ada. Jika ada catatan terkait draf itu, mestinya Biro Hukum Pemprov Papua menyampaikan kepada Komnas HAM untuk diperbaiki,” ujarnya.

Meski begitu, Frits yakin hubungan baik gubernur dan Komnas HAM tetap terjaga dalam rangka memajukan penegakan HAM di Papua sebagaimana dalam Undang-Undang (UU) Otsus Pasal 45.

“Saya yakin pak Lukas Enembe masih berpegang teguh pada perintah undang-undang itu,” katanya. (Arjuna P/Redaksi)

Advertisement