Rencana Program DPG Tahun Ini Berlangsung di Mappi

Rencana Program DPG Tahun Ini Berlangsung di Mappi

Kegiatan breafing dan diskusi tentang restorasi gambut di Hotel Corein | LKF

Metro Merauke – Kepala Kelompok Kerja Edukasi dan Sosialisasi Badan Restorasi  Gambut RI, Suwignya Utama menjelaskan, rencana program desa peduli gambut (DPG) di Papua dalam tahun 2018, akan dilangsungkan di lima kampung di Kabupaten Mappi.

Kelima kampung tersebut yakni Rep, Wanggate, Kadam/Oyim, Enem serta Kampung Kogo.
Hal itu disampaikan Suwignya kepada sejumlah wartawan usai kegiatan media briefing dan diskusi restorasi gambut yang berlangsung di Hotel Corein Jumat (31/8).

Sementara target wilayah restorasi lahan gambut di Papua hingga tahun 2020  adalah seluas 38.753 hektar pada dua kawasan hidrologis gambut (KHG) prioritas.

Dia mengaku, ada desa gambut tahun lalu yang dibangun di Kabupaten Merauke dan mulai tahun ini kegiatan sosialisasi  dijalankan. Khusus luasan, nanti bisa didapatkan dari materi yang telah dipaparkan tadi.

“Kami meminta dukungan semua pihak, karena restorasi gambut menjadi agenda bersama untuk memelihara lingkungan agar tidak rusak,” pintanya.

Dijelaskan, ada tiga pendekatan dipilih untuk dijalankan berkaitan dengan restorasi gambut yakni pembahasan, penanaman kembali serta revitalisasi.

“Ini harus dijalankan, karena telah ada luasan yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk direalisasikan hingga 2020 mendatang,” ujarnya. (LKF)

Advertisement