SKP KAME Dukung Langkah Pemilik Ulayat Palang Lokasi Pabrik Kelapa Sawi

SKP KAME Dukung Langkah Pemilik Ulayat Palang Lokasi Pabrik Kelapa Sawi

Pemalangan lokasi pabrik dengan mengikat janur | LKF

Metro Merauke – SKP Keuskupan Agung Merauke (KAME) mendukung langkah dari masyarakat marga Mahuze yang melakukan pemalangan terhadap aktivitas pembangunan pabrik kelapa sawit oleh PT BIA Inti Agrindo di Muting.

Hal itu disampaikan Direktur SKP KAME, Pastor Anselmus Amo, MSC saat dihubungi Metro Merauke Rabu (29/8). “Saya kira itu adalah hak dari masyarakat setempat dan tak boleh dilarang ketika mereka melakukan aksi pemalangan. Karena mungkin apa yang diinginkan dan diharapkan, tak direalisasikan,” ujarnya.

Ditegaskan, ketika masyarakat diperlakukan tidak adil, mereka mempunyai hak menuntut.  Jadi, apa yang dilakukan adalah bagian dari berbagai usaha dan perjuangan yang tak kunjung direalisasikan pihak perusahan.

Masyarakat, lanjut Pastor Amo, mengalami ketidakadilan dari perusahan. Sehingga dengan rentetan  berbagai persoalan, akhirnya aksi pemalangan lokasi pabrik dilakukan.

“Saya kira masyarakat masih mempunyai kuasa terhadap tanah miliknya. Sehingga ketika perusahan ingin melakukan aktivitas dan belum ada penyelesaian, otomatis mereka melakukan pemalangan,” tegasnya.

Pastor Amo berjanji SKP KAME akan terus melakukan pendampingan terhadap masyarakat di Distrik Muting yang tanahnya dicaplok untuk kegiatan investasi kelapa sawit. (LKF)

Advertisement