Material Pengerjaan Jalan Cikombong Diambil dari Kebun Coklat

Material Pengerjaan Jalan Cikombong Diambil dari Kebun Coklat

Kasatker Papua Merauke, Sjafruddin didampingi stafnya sedang berikan keterangan pers | LKF

Metro Merauke – Material tanah yang digunakan untuk pengerjaan ruas jalan di Cikombong sepanjang 1,3 kilometer, diambil dari Kebun Coklat-Kelapa Lima, Kabupaten Merauke.

Lalu, material tanah dimaksud sebelum digunakan, telah dilakukan uji laboratoroium terlebih dahulu. Dengan demikian, pekerjaan dapat dilaksanakan.

Hal itu disampaikan Kepala  Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional (Satker PJN) Ppaua-Merauke, Sjafruddin kepada sejumlah wartawan di kantornya Kamis (30/8). “Memang kami menggunakan material lokal.

Sebenarnya bisa mendatangkan material dari luar daerah, namun disesuaikan dengan anggaran,” katanya.

Dikatakan, saat pekerjaan mulai jalan, dilakukan ujicoba 100 meter terlebih dahulu. Itu dengan tujuan mengetahui kwalitasnya.

Dijelaskan, total keseluruhan jalan nasional yang dikerjakan  PT Cipta Konstruksi Sindo Persada di beberapa lokasi termasuk di Jalan Cikombong adalah Rp 56 miliar.

Setelah dilakukan selmat, lanjut dia, ruas jalan 1,3 kilometer tersebut akan dihot-mix dengan ketebalan sekitar 5 centimeter. Jadi, proses pekerjaan dilakukan secara bertahap.

“Kami tak mempersoalkan adanya kritikan dari Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Hendrikus Hengky Ndiken,” ujarnya. (LKF)

Advertisement