Di Mappi, Pangan Lokal di Genjot Sebagai Pendapatan Ekonomi dan Sumber Gizi

Di Mappi, Pangan Lokal di Genjot Sebagai Pendapatan Ekonomi dan Sumber Gizi

Menu pangan lokal saat perlombaan beberapa waktu lalu di Kabupaten Mappi, Papua | Sayd

Metro Merauke – Mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mappi memiliki salah satu program strategis “Meningkatkan perekonomian masyarakat yang berbasis potensi lokal”. Sejalan dengan hal itu, Pemda melalui Dinas Ketahanan Pangan mengadakan perlombaan cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

Perlombaan yang berlangsung di Gor Qhaindau Uri diikuti peserta dari beberapa distrik, dan dihadiri Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu. Menurut Bupati, memanfaatkan pangan lokal bersifat urgent, dimana sumber gizi merupakan satu kesatuan dari setiap pertumbuhan manusia, sekaligus meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Lanjut Bupati, stimulus akan semuanya, peran kaum ibu sangat diharapkan dalam menjawab perkembangan modern yang cenderung dikuasai pangan impor, untuk itu kreatifitas dibutuhkan dalam pengolahan pangan lokal menjadi sumber gizi yang dilirik masyarakat luas.

Plt Kadis Ketahanan Pangan Hendrikus Kartika Tjahjoputra kepada Metro Merauke mengatakan, ketahanan pangan merupakan kebutuhan dasar setiap individu, sekaligus membantu pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas.

Menurutnya, setiap keluarga seharusnya lebih bijak dalam mengatur pola makan yang seimbang, dimana berbagai penilitian membuktikan tidak ada satupun jenis pangan yang lengkap gizinya.

Lanjut Hendrikus, lomba ini bertujuan pada pengenalan ke masyarakat luas tentang manfaat dan potensi kekayaan pangan lokal yang kaya akan nutrisi.

“Harapannya melalui perlombaan dapat memberi tambahan referensi bagi masyarakat dalam pemenuhan gizi sekaligus memaksimalkan pangan lokal yang tersedia, baik tumbuhan maupun hewani,” tuturnya. (Sayd)

Advertisement