Delapan Bulan, Kura-kura Moncong Babi dari Merauke ‘Dirawat’ di Hongkong

Delapan Bulan, Kura-kura Moncong Babi dari Merauke ‘Dirawat’ di Hongkong

Perwakilan dari Negara Hongkong yang melakukan penyerahan ratusan kura-kura moncong babi | LKF

Metro Merauke – Sebanyak 658 kura-kura moncong babi dari Kabupaten Merauke  yang diselundupkan ke Negara Hongkong pada Januari 2018, akhirnya dipulangkan ke Merauke. Selanjutnya akan dilepas kembali ke habitatnya.

Dari jumlah 658 itu, 62 ekor mati. Sehingga tersisa 596  dibawa pulang dari Hongkong melalui Bandara Soekarno Hatta dan dikawal petugas baik dari perwakilan Hongkong maupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI serta Yayasan IAR Indonesia maupun WWF hingga tiba di Merauke.

Perwakilan Kadorie Farm And Botanic Hongkong, Tan Kit Sun saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan Sabtu (25/8) menjelaskan, ratusan satwa tersebut, diselundupkan dari Jakarta dengan pesawat Garuda pada Januari 2018 lalu.

Setelah tiba di Hongkong, lanjut Tan Kit, kura-kura moncong babi yang dikemas dalam koper diperiksa dan ternyata tak memiliki dokumen. Lalu, petugas Hongkong mengamankan koper bersama pemiliknya yang adalah salah seorang warga negara Indonesia.

Kurang lebih delapan bulan, kura-kura moncong babi ‘dirawat’ di Hongkong. Setelah dikomunikasikan bersama Pemerintah Indonesia melalui  Kedutaan Besar RI di Hongkong, akhirnya dibawa pulang  sekaligus dilepas ke habitatnya.

Untuk pelaku penyelundupan, katanya, telah menjalani peradilan di Hongkong dengan tuntutan hukuman yang telah disampaikan juga ke Kedubes RI di Hongkong yakni denda sebesar Rp HKS 20.000. (LKF)

Advertisement