Dana Otsus Digunakan Bangun Sejumlah Asrama

Dana Otsus Digunakan Bangun Sejumlah Asrama

Bangunan SMPN Tubang | LKF

Metro Merauke – Dana otonomi khusus (Otsus) untuk bidang pendidikan digunakan membangun asrama baru sekaligus melakukan rehab yang mengalami kerusakan di beberapa distrik.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Fonny Runtu kepada wartawan Kamis (23/8). Dikatakan, khusus di Distrik Kimaam, akan dibangun asrama putri baru.

Sedangkan asrama putra, menurutnya, sudah ada dan tinggal dilakukan rehab. Begitu juga di Distrik Waan direhab mengingat kondisi bangunan asrama sudah mulai rusak.

Kalau di Distrik Tubang, menurutnya, telah dibangun tahun lalu dan siap ditempati. Namun akan dibicarakan lagi apakah dikelola pihak sekolah atau misionaris.

“Ya, kalau di Distrik Kimaam, khusus asrama putra selama ini telah ditangani rohaniawan Katolik. Sehingga tak ada persoalan,” ujarnya.

Dijelaskan, pemerintah mengambil langkah membangun maupun merenovasi kembali beberapa asrama, karena adanya keluhan orangtua jika banyak anak yang mengenyam pendidikan di bangku SMP, tinggal bersama keluarga dan tak fokus sekolah.

“Nah, kita menginginkan agar dengan asrama, anak-anak dari kampung bisa tinggal di asrama dan lebih memfokuskan perhatian ke sekolah dan belajar,” katanya.

Selain itu, jelas dia, pemerintah akan menghitung juga kebutuhan makan-minum bagi anak-anak yang tinggal di asrama. Sehingga dapat disalurkan secara rutin tiap bulan. (LKF)

Advertisement