Ust Toni: Idul Adha, Napak Tilas Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS

Ust Toni: Idul Adha, Napak Tilas Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS

Ribuan umat muslim di Kabupaten Mappi, Papua, memadati halaman Gor Qhaindau Uri untuk melaksanakan Shalat Idul Adha | Sayd

Metro Merauke – Ribuan umat muslim di Kabupaten Mappi, Papua, melakukan shalat Idhul Adha 1439 hijriah di halaman Gor Qhaida Uri. Imam shalat dipimpin Ust Muhammad Abdul Qomar.

Selain itu, salah satu Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) KH Toni Wanggai bertindak selaku pengkhutbah. Dalam khutbahnya, ia mengajak semua umat muslim untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan semata kepada Allah Swt sekaligus mengasah diri untuk bertawaqqal.

Menurutnya, bertawaqqal bagian dari kerelaan diri manusia kepada sang pencipta. Hari raya kurban merupakan napak tilas dari ketakwaan nabi Ibrahim AS kepada Allah Swt dengan merelahkan anaknya Nabi Ismail untuk disembeli.

Menurutnya, Idul Adha 1439 hijriah bagi umat muslim disuguhkan 2 perkara, menunaikan ibadah haji dan menyembeli hewan kurban. Penyembelian hewan kurban bukan semata seremonial. “Untuk itu sebisa mungkin arti pengorbanan dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Wakil Bupati Mappi, Jaya Ibnu Su’ud dipenghujung shalat kepada Metro Merauke mengatakan, pengorbanan orang tua dan anak yang dicontohkan nabi Ibrahim AS dan Ismail AS semoga menjadi panutan bagi kita semua terutama umat muslim di Kabupaten Mappi.

Lanjut Wabup, pengorbanan bagian dari kepedulian antar sesama, kebhinekaan yang kita miliki merupakan modal penting untuk hidup berdampingan serta peduli satu dengan yang lainnya. (Sayd)

Advertisement