9 JCH Mappi Menuju Tanah Suci

9 JCH Mappi Menuju Tanah Suci

Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Mappi, Papua, Yohanes Kristotomus Dhendi. Foto: Sayd

Metro Merauke – Umat Muslim seluruh dunia berkumpul di tanah suci Mekkah dalam rangka menunaikan ibadah haji sebagai wujud dari salah satu rukun Islam yang dipercayainya. Menyambut itu, pemerintah daerah Kabupaten Mappi melalui kantor Departemen Agama (Depag) juga turut serta menyelenggarakan musim haji tahun 2018.

Kepala kantor Depag, Mappi, Yohanes Kristotomus Dhendi kepada Metro Merauke mengatakan, musim haji tahun ini dalam pelaksanaannya tentu tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana setiap Jemaah Calon Haji (JCH) telah melalui mekanisme yang berlaku dalam Sistim Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

Dikatakan, musim haji tahun ini jumlah JCH asal Mappi berjumlah 9 orang terbagi dalam 2 kloter yakni kloter 18 dan kloter 19, 4 diantaranya laki-laki dan 5 lainnya perempuan dengan usia termuda 26 tahun dan usia tertua 61 tahun.

Selain JCH, musim haji tahun ini terdapat 1 perwakilan dari Mappi yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang fungsinya mengurusi administrasi JCH seluruh indonesia.

Diwaktu terpisah, wakil Bupati H Jaya Ibnu Su’ud mengatakan, kedepan diharapkan kuota untuk JCH Mappi bertambah sehingga dapat mengurangi daftar tunggu keberangkatan haji, mengingat sampai per agustus 2018 JCH dalam daftar tunggu berjumlah 362 orang.

Lanjut Wabup, selain menggenjot kuota, pemda akan bersama Depag kabupaten, guna membantu JCH dalam hal mempersiapkan kelengkapan berkas yang pengurusannya masi diluar Mappi.

“Ada beberapa dokumen kelengkapan calon haji yang pengurusannya harus ke Merauke, misalnya surat kesehatan, vaksin dan paspor, untuk itu kedepan akan dikomunikasikan dengan pihak terkait, sehingga pengurusannya langsung di Mappi tidak harus ke Merauke mengingat transportasi yang jauh,” tuturnya. (Sayd)

Advertisement