Kucurkan Dana Desa, BPMK Mappi Gandeng Bank Papua

Kucurkan Dana Desa, BPMK Mappi Gandeng Bank Papua

Ilustrasi | Google

Metro Mappi – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Kabupaten Mappi, H. Abdul Malik Rumalutur mengungkapkan, pemerintah setempat menggandeng Bank Papua dalam pengucuran dana desa ke setiap kampung.

Hal itu disampaikan Rumalutur ketika dihubungi melalui telpon seluler Sabtu (18/8). Dikatakan, pencairan dana desa juga harus sesuai prosedur yang berlaku.

Manfaat dana desa itu, katanya, tidak lain  untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Olehnya, penggunaan harus tepat sasaran sesuai kebutuhan.

Selain itu, jelas dia, penggunaan harus transparan kepada masyarakat. Sehingga tak menimbulkan persoalan dikemudian hari. Juga laporan pertanggungjawaban  sesuai kegiatan yang dilaksanakan.

“Aturannya adalah setelah dana dicairkan dan dimanfaatkan, wajib hukumnya kepala kampung membuat laporan pertanggungjawaban. Itu dengan tujuan agar pencairan tahap berikut dalam dilakukan,” ujarnya.

Secara terpisah Kepala Bank Papua Cabang Mappi, La Jimu  menjelaskan, pencairan dana desa,  perlu mempertimbangkan terlebih dahulu dengan topografi daerah. Apalagi, ketika  material dibelanjakan dan dimobilisasi, sudah pasti memiliki tingkat kesulitan lantaran topografi wilayah.

“Kami menerapkan pola desentralisasi dengan tujuan memangkas birokrasi sekaligus meminimalisir total biaya perjalanan untuk beberapa distrik terjauh dengan membagi menjadi enam titik pencairan yakni Kepi, Haju, Senggo, Bade, Mur dan Asgon,” ungkapnya.

Ditambahkan, pencairan dana desa telah mencapai 60 persen dengan nominal sekitar  Rp 81,1 miliar. Pencairan sudah dua tahap kepada 162 kampung dari 15 distrik. (Sayd)

Advertisement