Kopi Papua Hadir di Istana Negara saat HUT RI ke-73

Kopi Papua Hadir di Istana Negara saat HUT RI ke-73

Legislator Papua John Gobai (kedua dari kiri) dan Yonas Nusi (ketiga dari kanan), bersama pihak Bank Papua saat berada di stand Kopi Papua dalam pameran di Istana Merdeka Jakarta

Metro Merauke – Produk kopi dari beberapa kabupaten di Papua di antaranya kopi jenis arabika dari Dogiyai dan jenis robusta dari Ambaidiru, Kabupaten Kepulauan Yapen hadir dalam pameran yang digelar di Istana Merdeka Jakarta, pada peringatan HUT RI ke-73, 17 Agustus 2018.

Legislator Papua John NR Gobai mengatakan, ia bersama rekannya Yonas Nusi, karyawan Bank Papua Serui, Kepulauan Yapen dan masyarakat Ambaidiru membawa kopi jenis robusta dari wilayah itu serta kopi jenis arabika dari Kabupaten Dogiyai untuk di pamerkan di Istana Merdeka.

“Kami mendapat stand pameran yang bernama kopi Papua. Kami berharap dengan pameran ini, petani kopi mendapat perhatian pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten (kota), serta mendapat pasaran,” kata Gobai via teleponnya, Sabtu (18/08).

Menurutnya, salah satu yang penting adalah adanya lahan yang dijadikan pusat kopi di wilayah itu untuk percontohan.
“Ada pembibitan, ada produksi, dan ada cafe kopi untuk contoh pemasarannya,” ucapnya.

Hal yang sama dikatakan Yonas Nusi. Menurutnya, ini sebuah terobosan untuk menyemangati petani, yang mendapat dukungan dari penjabat gubernur Papua, para anggota DPR Papua dan sekretariat DPR Papua.

“Ada hal yang menarik, para pejabat di Jakarta baru tahu jika kopi Papua tidak kalah baik dengan kopi lain di Indonesia. Bahkan, banyak yang memesan,” ujar Nusi. (Arjuna P/Redaksi)

Advertisement