Lihat Pengolahan Sagu, Wabup Mappi Kunjungi Kepulauan Meranti

Lihat Pengolahan Sagu, Wabup Mappi Kunjungi Kepulauan Meranti

Wabup Mappi, Jaya Ibnu Su’uud | Sayd

Metro Mappi – Salah satu potensi alam yang dimiliki di Kabupaten  Mappi adalah sagu. Hanya saja, proses pengolahan masih sangat sederhana.

Sehingga pemerintah setempat mencoba mengunjungi Kepulauan Meranti, Provinsi Riau sekaligus melihat dari dekat cara-cara pengolahan sagu secara modern.

Wakil Bupati Mappi, Jaya Ibnu Su’ud kepada Metro Mappi Rabu (15/8) menjelaskan, keikutsertaannya bersama rombongan provinsi  kesana, tidak lain melihat dari dekat proses pengolahan sagu.

“Kalau mau dilihat, kwalitas sagu Papua khususnya di Mappi, tidak beda jauh dengan di daerah lain. Hanya saja, kendala yang dihadapi adalah  pengelolaan masih menggunakan alat tradisional,” ungkapnya.

Tentunya, lanjut Wabup, setelah melihat proses pengolahan sagu di kepulauan tersebut, menjadi modal untuk bagaimana menindaklanjuti di sini.

“Saya kira sagu telah dikenal luas baik nasional maupun manca negara. Selain menjanjikan dari sisi ekonomi, tak kala menarik dapat di olah menjadi beberapa jenis makanan,” katanya.

Ditambahkan, rupanya sagu itu dapat diolah di Kepulauan Meranti menjadi beberapa jenis makanan mulai dari mie, beras, gula dan lainnya.

Lalu, katanya, sagu disana telah dieksport sampai Jepang. Tentunya sangat membanggakan. “Kita berharap dapat dikembangkan agar bisa mendongkrak ekonomi masyarakat di kampung-kampung,” katanya. (Sayd)

Advertisement