DPR Papua Menetapkan Paslon Cagub Papua Terpilih

DPR Papua Menetapkan Paslon Cagub Papua Terpilih

Foto bersama DPR Papua, Forkopimda, serta paslon gubernur dan wakil gubernur Papua terpilih di ruang sidang DPR Papua usai paripurna, Selasa (14/8/2018) malam

Metro Merauke – Sehari setelah KPU Papua menggelar pleno penetapan pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur terpilih periode 2018-2023, DPR Papua menggelar paripurna, Selasa (14/08) malam.

Dalam paripurna yang dipimpin Ketua DPR Papua, Yunus Wonda itu, pihak parlemen menetapkan dan mengesahkan paslon gubernur dan wakil gubernur Papua terpilih, selanjutnya diproses untuk pelantikan.

Yunus Wonda mengatakan, pihaknya menyampaikan kepada semua masyarakat Papua di lima wilayah adat, jika paslon nomor urut 1, Lukas Enembe-Klemen Tinal ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur Papua periode 2018-2023.

Menurutnya, banyak perbedaan di antara semua pihak di Papua dalam proses demokrasi. Namun kini saatnya meninggalkan perbedaan pandangan politik, dan bersatu membangun Papua. Kalah, menang dan perbedaan pandangan adalah hal biasa.

“Kini saatnya menyatukan pandangan, menghilangkan perbedaan untuk Papua lebih baik ke depan. Kemenangan Lukas Enembe-Klemen Tinal adalah kemenangan semua rakyat Papua,” kata Wonda.

Sementara Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo mengatakan, pelaksanaan pilkada di Papua berjalan aman, lancar dan sukses. Baik pilgub maupun pilkada tujuh kabupaten.

Katanya, dalam pelaksanaan pilkada serentak 2018, hasil. berbagai survei oleh pihak di Jakarta, Papua dan empat kabupaten di Papua masuk kategori rawan. Namun karena kerjasama semua pihak, pilkada bisa diubah dari rawan menjadi aman.

“Ini suatu kerjasama yang luar biasa dan sangat baik dari semua stakeholder serta semua komponen masyarakat,” kata Soedarmo. (Arjuna P/Redaksi)

Advertisement